Audi Fristya

Ini Alasan Kenapa Millennials Cocok Berinvestasi Reksa Dana

Investasi itu harus mulai dari usia dini. Ayo, sudah bukan saatnya untuk menghabiskan uang dan menjadi boros. Kamu sudah harus “melek” finansial untuk keperluan masa depan. Tak hanya saat mau menikah atau saat sudah berkeluarga saja, kamu justru harus mempersiapkan investasi dari sekarang.

Hal ini karena hasil dari investasi biasanya baru terlihat setelah beberapa waktu. Dengan begitu ketika kamu sudah bekeluarga, investasimu sudah menampakkan hasilnya.

 

Nah, salah satu investasi yang sedang popular zaman sekarang adalah investasi reksa dana. Investasi yang satu ini sedang banyak diminati karena kemudahannya. Bahkan investasi ini pun diklaim cocok untuk dipilih para mahasiswa. Ada beberapa alasan yang membuat investasi ini cocok untuk para millennials.

Apakah kamu salah satu orang yang ingin mencoba tapi masih belum yakin? Mungkin dengan beberapa alasan di bawah ini, kamu jadi bisa lebih berani untuk memulai investasi. Maka dari itu, simak ya!

 

Alasan investasi reksa dana cocok untuk millennials  

Investasi reksa dana
(Foto: Pexels)
  1. Tidak membutuhkan modal yang besar

Keunggulan yang paling terlihat adalah tentu karena investasi reksa dana tak membutuhkan modal yang besar. Hal ini juga yang membuat jenis investasi yang satu ini sangat diminati oleh kaum millennials.

Kamu bisa membelinya bahkan hanya dengan Rp10 ribu rupiah. Investasi ini mematahkan ketakutan orang banyak yang menganggap bahwa investasi haruslah memiliki modal yang besar. Salah besar nih! Dengan sisa uang jajanmu per hari saja kini kamu bisa mengalokasikannya untuk investasi.

 

  1. Bisa dibeli secara online

Berkembangnya dunia digital, memang sangat memberikan kemudahan untuk berbagai aktivitas, salah satunya adalah dalam hal investasi. Kini kamu bisa membeli reksa dana secara online. Dengan beberapa klik melalu smartphone, kamu bisa langsung bisa membeli. Apalagi sekarang banyak e-commerce yang sudah menyediakan layanan ini, berikut dengan edukasinya. Karena kemudahan ini juga, banyak pemula yang memilih investasi reksa dana.

 

  1. Dibantu manajer investasi

Alasan satu ini juga yang mendukung kenapa para pemula wajib mencoba investasi yang satu ini. Karena pada dasarnya kamu hanya menyerahkan sejumlah dana yang akan diinvestasikan kepada manajer investasi. Sehingga kamu pun tak perlu terlalu mempelajari mengenai reksa dana tersebut, karena yang akan mengelola adalah sang manajer investasi.

Mungkin sebagai pemula pun kamu agak susah menumbuhkan kepercayaan karena harus menyerahkan dana tersebut kepada manajer investasi. Tapi maka dari itu, kamu bisa memulainya dari modal yang tidak terlalu besar dengan risiko minim. Setidaknya agar belajar terlebih dahulu, melihat bagaimana situasi dan kondisi dari investasi tersebut. Sehingga seterusnya bisa berinvestasi dengan jumlah dana yang lebih besar dan risiko yang lebih besar.

Kamu pun harus memerhatikan pemilihan manajer investasi. Pilihlah yang memiliki track record baik ya!

 

Baca juga: Saatnya Coba Hemat Gaji untuk Siapkan Dana Darurat!

 

  1. Dihadirkan berbagai pilihan dengan berbagai pilihan risiko

Ketika kamu berinvestasi, tentu pertama kali yang dilakukan selain menentukan instrumen investasinya, kamu pun harus memikirkan level risikonya. Kamu pun tidak bisa mengukur kadar risiko dari melihat orang, karena memang risikonya berbeda-beda.

Jika kamu pemula, tentu pasti menginginkan jenis investasi yang memiliki risiko minim. Tapi seiring berjalannya waktu kamu akan belajar untuk menghadapi risiko tersebut.

Melalui reksa dana kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan risiko. Kamu bisa memilih investasi mulai dari pasar uang kecil-kecilan yang memiliki risiko minim. Hingga pilihan saham yang memiliki risiko relatif lebih besar.

 

Dari berbagai alasan di atas apakah kamu tergerak untuk mencoba investasi reksa dana?

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Apulina Priska

Kerja Jarak Jauh? Asyik, Kok!

Hai, aku Lina, salah satu Alterrans yang bekerja di kantor Malang. Sebelum bergabung di Alterra sebagai Performance Specialist, aku merupakan alumni Alterra Academy pada program Quality Engineer. Setelah lulus dari Academy, memang para alumni diwajibkan mengikuti kontrak kerja selama satu tahun dengan penempatan awal di Malang. Namun tantangan untuk diriku bertambah satu lagi dibandingkan teman-teman […]

Read More
Aryo Indrasmoro

The Power of “Ngobrol”

Siapa yang enggak suka ngobrol? Ada yang bilang orang introver. Pas ngumpul, biasanya cuma diam aja, enggak bakal ngomong kalau enggak dipancing. Beda dengan orang ekstrover, bawaannya ngomong melulu. Terlepas dari introver dan ekstrover, pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang salah satu kebutuhannya adalah berinteraksi. Ngobrol adalah salah satunya. Di Alterra, ngobrol dapat dilakukan […]

Read More