Audi Fristya

Kenapa Content Marketing Penting untuk Bisnis?

Halo, Alterrans!

Mungkin ada yang belum familiar dengan nama saya. Ya memang, karena saya merupakan karyawan baru di kantor ini. Mari awali semuanya dengan berkenalan. Nama saya Audi Fristya, kamu bisa memanggil saya Audi. Saat ini saya menjabat sebagai Digital Content Marketing dan tentunya akan menjadi penulis tetap untuk kanal Kamis!

Banyak orang yang masih bertanya-tanya tentang content marketing. Khususnya Ibu saya yang memang terbilang kurang awam dengan dunia digital bahkan hingga kini beliau masih menelepon penerangan di 108 untuk menanyakan nomor telepon apapun haha..

Tapi memang sih kini content marketing jadi salah satu pilihan banyak perusahaan, khususnya beberapa perusahaan yang bergerak di bidang bisnis online. Apalagi bisnis ini biasanya memiliki pergerakan dan perubahan yang begitu cepat dan pesat. Kita pun sebagai pelaku bisnis harus bisa terus keep up dengan berbagai tantangannya.

Yuk, mulai membahas mengenai content marketing. Jadi, sebenarnya apa sih pentingnya content marketing untuk bisnis? Sebetulnya ada beberapa alasan penting yang bisa dibahas. Saya akan membaginya menjadi tiga poin di bawah ini. Simak ya!

Alasan pentingnya content marketing untuk bisnis

(Foto: Pexels)

1. Konten bisa membangun brand awareness

Maraknya dunia startup membuat persaingan bisnis online pun semakin ketat. Tentu masing-masing perusahaan membutuhkan strategi yang tepat agar nama bisnisnya semakin dikenal. Melalui konten, perusahaan bisa berkesempatan untuk mendapatkan traffic organik dengan bantuan Google. Dengan begitu, perusahaan bisa meraih target yang lebih luas.

Tapi traffic organik tentu tidak bisa dicapai dengan begitu saja. Konten pun harus dibuat sebaik mungkin dan mampu memberikan informasi menarik sekaligus menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Dengan begitu pun para individu yang menjadi target perusahaan akan merasa tertarik untuk membaca konten yang dihasilkan.

2. Meningkatkan kepercayaan

Content marketing juga jadi salah satu produksi perusahaan yang bisa digunakan sebagai alat verifikasi. Content marketing bisa diisi dengan berbagai ulasan hingga informasi yang bisa menyampaikan nilai-nilai yang ingin diterapkan pada perusahaan.

Selain itu pun content marketing bisa diisi dengan informasi mengenai produk hingga program yang ditawarkan oleh perusahaan. Tak hanya pelanggan, perusahaan juga bisa menarik investor melalui content marketing. Biasanya para investor butuh verifikasi mengenai perusahaan yang akan bekerja sama dengannya di kemudian hari. Ada baiknya konten menarik baik bagi pelanggan maupun untuk menarik investor.

3. Bisa menghemat bujet!

Bujet pemasaran biasanya memiliki angka yang tinggi, khususnya saat ingin memasang iklan di televisi atau media lainnya yang memang memiliki harga yang cukup mahal dengan waktu siar yang terbatas. Tapi dengan content marketing semua jejak digital akan bisa diakses dengan mudah dan terekam di internet hingga waktu yang lama.

Content marketing bisa jadi salah satu cara agar perusahaan bisa “menghemat”  saat melakukan strategi pemasaran. Jika konten yang dihasilkan menarik pun, ada kecenderungan para pembaca akan membagikan kepada orang lain, sehingga nama perusahaan akan lebih dikenal lagi.

Alasan yang satu ini juga yang menggerakkan banyak perusahaan startup untuk memulai pemasaran bisnisnya melalui content marketing. Selain efisien ternyata hasil yang didapatkan pun juga efektif bagi perusahaan.

Nah, itulah sebagian kecil dari alasan kenapa content marketing penting untuk perusahaan. Tapi sebenarnya content marketing itu apa saja jenisnya? Content marketing bisa hadir dalam beberapa bentuk konten. Antara lain:
– Artikel
– Ulasan produk
– Infografis
– Meme
– Animas
– Video
E-book
E-magazine

Apakah kamu tertarik untuk membuat content marketing? Coba mulai dengan membuat tulisan. Untuk memulai coba simak berbagai langkah untuk menulis di sini.  Semoga artikel ini bisa menjadi perkenalan yang berkesan ya!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Ghea Rianty

Yang Baru di Alterra, KAMIS: Ketika Alterrans Menulis!

Halo, Alterrans! Kalau baca judul artikel ini yang mana ada kata “menulis” di dalamnya, sebagian dari teman-teman kemungkinan ada yang langsung mikir: “Ah, bukan buat gue nih” “Ah, nulis kan susah, gue nggak bisa.” “Ah, gue bisanya desain, bukan nulis.” “Ah, gue nggak punya pengalaman menarik buat ditulis.” “Ah, gue takut salah nih.” Hayo, ngacung […]

Read More
Muhammad Ariqy Raihan

Menulis itu Sulit, Enggak, sih?

Pertanyaan ini cukup sering terucap dari teman-teman saya ketika berbicara tentang mengejawantahkan sebuah ide ke dalam tulisan. Bahkan, ada yang berpendapat kalau menulis itu pekerjaan hanya untuk mereka yang berbakat di sini. Tetapi, gais, sebenarnya tidak begitu. Betul, menulis bukan pekerjaan yang mudah. Tetapi, menulis juga bukanlah sebuah pekerjaan yang sulit. Bisa aja akan terasa […]

Read More