fbpx
Ghea Rianty | 4 Mar 2020

PDAM Pintar: Solusi Praktis Bagi PDAM untuk Miliki Sistem yang Terintegrasi

PDAM Pintar Perpamsi

Sebagai pihak yang ditunjuk langsung oleh pemerintah untuk mengelola, menyediakan, serta mendistribusikan air bersih atau air minum bagi masyarakat, PDAM secara garis besar memiliki tanggung jawab dari hulu ke hilir mulai dari yang terkait kinerja internal PDAM itu sendiri hingga dampaknya pada kualitas layanan PDAM kepada semua pelanggan. 

Namun, dalam menjalankan tugasnya tersebut, PDAM di berbagai wilayah di Indonesia umumnya masih mengalami empat kendala berikut:

  1. Sistem PDAM yang masih manual dan terpisah satu sama lain.
  2. Kesulitan dalam proses data administrasi dan membuat laporan.
  3. Kesulitan dalam menganalisis dan mendapat data yang valid. 
  4. Belum terhubung ke layanan pembayaran tagihan online yang dapat memudahkan pelanggan. 

Jika tidak diatasi, empat kendala tersebut tentunya akan berpengaruh banyak pada kinerja serta pelayanan PDAM. Sehingga, sebagai solusinya, diperlukan sebuah sistem PDAM yang terpusat dan terintegrasi secara digital. Sistem tersebut nantinya dapat memberikan informasi data yang menyeluruh secara cepat, real time, dan akurat, baik kepada pelanggan, manajemen, dan semua pihak yang berkepentingan di PDAM. 

Layanan dan Modul PDAM Pintar

Hal inilah yang kemudian menjadi landasan dikembangkannya produk PDAM Pintar oleh PT Bimasakti Alterra sejak tahun 2009. Layanan PDAM Pintar sendiri terdiri atas 12 modul utama yang dapat membantu dan mendukung kinerja PDAM, yaitu: Dashboard, Baca Meter, Loket, Billing, Hublang, Perencanaan, Distribusi, PDAM Info, Gudang, Akuntansi, Personalia, dan Keuangan. Untuk PDAM yang tertarik bermitra, tentunya dapat memilih modul sesuai dengan kesiapan dan kebutuhannya masing-masing. 

Sebagai Anggota Luar Biasa PERPAMSI (Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia), Bimasakti Alterra melalui PDAM Pintar memiliki misi untuk membantu lebih banyak lagi PDAM agar kinerja dan KPI-nya dapat tercapai, serta dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi kepada pelanggan. 

PDAM Pintar dan Direksi PDAM

Pada 29 – 30 Januari lalu, Bimasakti Alterra juga turut hadir sebagai Anggota Luar Biasa sekaligus sponsor dalam acara Rakernas dan Mapamnaslub PERPAMSI 2020 yang diselenggarakan di PDAM Surya Sembada, Kota Surabaya, Jawa Timur. Dalam acara tersebut, tidak hanya membuka booth sponsor, Bimasakti Alterra juga menyelenggarakan sesi Open House yang bertempat di Hotel Santika Gubeng, Surabaya, untuk menyosialisasikan produk dan layanan PDAM Pintar.

Open House ini juga menjadi ajang silaturahmi dan berdiskusi dengan banyak direksi dan manajemen PDAM mengenai kendala apa saja yang dialami oleh PDAM. 

“Mulai dari instalasi pengolahan air limbah, baca meter, dashboard untuk data, fitur tagihan dan pembayaran air, sampai ke support maintenance, PDAM Pintar sejauh ini bisa mengakomodir semua kebutuhan tersebut. Kami mau semua proses di PDAM jadi lebih mudah, sehingga akan menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat, PDAM, dan daerah.” Jelas Ida Bagus Surya Sanjaya, Direktur Utama PT Bimasakti Alterra, dalam acara Open House PDAM Pintar di Hotel Santika Surabaya. 

Saat ini, PDAM Pintar sendiri telah bermitra dengan lebih dari 80 PDAM dan swasta di Indonesia. Salah satunya adalah PDAM Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur. Turut hadir dalam acara Open House Bimasakti Alterra, Boy Salasa selaku Direktur PDAM Kabupaten Timur Tengah Utara sedikit menceritakan pengalamannya dalam menggunakan layanan PDAM Pintar. 

Boy Salasa Direktur PDAM TTU

Ke depannya, manajemen Bimasakti Alterra berharap bisa bekerja sama sekaligus bersinergi dengan lebih banyak PDAM.  Terkait diskusi dan layanan, PDAM Pintar dapat dihubungi melalui email ke [email protected] dan telepon di nomor telepon (0361) 413497.

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Sponsori Rakernas PERPAMSI, Bima Sakti Alterra Bantu Wujudkan Sistem PDAM Terintegrasi

Tepatnya pada 29 – 30 Januari 2020 lalu, Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia atau PERPAMSI, menyelenggarakan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) dan Mapamnaslub (Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional Luar Biasa) yang bertempat di PDAM Surya Sembada, Kota Surabaya, Jawa Timur. Selain dihadiri oleh direksi, pengurus, dan anggota dari PDAM di seluruh kota atau kabupaten yang […]

Read More

Intip Serunya Graduation Alterra Academy Batch 4!

Hello Alterrans! Bagaimana akhir pekan kalian kali ini? Apakah menyenangkan? Pastinya menyenangkan karena habis gajian, bukan??? Haha….   Di luar habis gajian, Alterra Academy juga sedang berbahagia, nih. Pasalnya tanggal 20 Februari 2020 kemarin, Alterra Academy baru saja melangsungkan wisuda untuk para mentee-nya yang tergabung di batch 4. Keseluruhan mentee yang tergabung dalam program Quality […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.