Hendrik Rahardja

Tips Menjaga Semangat di Tempat Kerja

Hello guys, pertama-tama kenalin nama saya Hendrik, saat ini berasal dari perguruan Alterra. Di mana saat ini ditempatkan di tim ular cabang Sanca. Mungkin bagi yang sering mendengar tim ular-ularan termasuk sanca, nah itu dia deh. Tetapi bukan berarti saya menguasai jurus ular ya, tidak seperti itu juga.

Untuk hari ini saya akan berbagi beberapa tips informasi mengenai semangat yang biasa saya lakukan di tempat saya bekerja.

(Foto: Dok. Alterra)

1. Berdoa

Siapa sih yang tidak pernah berdoa? Ya teman-teman sekalian pasti pernah berdoa kan? Setiap pagi saya selalu berdoa semoga cepat kaya (#eh). Setiap pagi saya selalu berdoa agar setiap kegiatan yang saya lakukan pada hari ini semoga bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ini salah satu kutipan isi doa yang saya selalu ucapkan dalam hati. Ritual berdoa ini sudah saya lakukan sejak 8 tahun lalu hingga sekarang. Ini salah satu bagian kecil dari penyemangat hidup sampai saat ini. Ingat seperti kata Bayu, “kalau tidak ada iman, Alterra tidak lengkap rasanya” *eh enggak nyambung.

2. Lakukan ritual penyemangat sebelum mulai kerja

Banyak hal yang bisa kita lakukan ketika sesampai kerja di kantor. Baik itu baca berita mengenai perkembangan teknologi, dandan dulu di kantor karena berantakan mukanya habis naik motor atau jalan kaki, langsung ketemu atasan untuk meeting bareng, minum kopi, ngobrol dengan teman, langsung kerja, lihat kerjaan apa yang akan dibahas untuk hari ini dan lain-lain sebagainya.

Semua aktivitas di atas itu memang pernah saya lakukan juga, tapi ada satu hal ritual penyemangat yang sering saya lakukan di tim saya. Setiap hari itu ada yang namanya acara Scrum Daily, di mana teman-teman semua membagikan informasi ter-update mengenai pekerjaan yang saat ini sedang dilakukan. Mulai dari kendala yang sedang dihadapi, task yang sedang dikerjakan hingga goal untuk hari ini. Saya dan tim pun biasanya menutup hari dengan bertepuk tangan. Lho, apa hubungannya dengan tepuk tangan?

Bertepuk tangan juga dianggap sebagai apresiasi untuk diri sendiri dan untuk teman-teman lainnya atas pekerjaan masing-masing. Saling memberikan semangat untuk sesama teman dan juga ada aksi aktivitas yang dilakukan oleh tubuh untuk memicu semangat dari dalam tubuh. Sehingga tubuh yang tadinya masih “lemas” akan menjadi lebih semangat. Jadi kalau teman-teman sekalian ada yang pernah dengar tepuk tangan di pagi hari itulah tim saya.

3. Meja kerja yang nyaman

Bagaimana sih meja kerja yang nyaman itu? Setiap orang bisa memiliki cara tersendiri untuk mendefinisikan bagaimana si meja yang nyaman tersebut. Ada meja yang isinya bermacam-macam pernak pernik hingga yang mejanya kosong sama sekali tidak ada hiasan apa pun di meja.

Tetapi apakah memang berpengaruh? Ya memang salah satu hal yang bisa membuat semangat adalah tempat kita berdiam diri selama 6-8 jam tersebut.

Untuk yang punya keluarga bisa memajang foto suami/istri, anak, atau teman di meja kerja tersebut. Bisa juga meletakkan akuarium kecil seperti yang Mas Andik lakukan (tetapi bukan berarti habis baca ini semua beli akuarium semua ya haha). Pajang juga pigura-pigura kecil yang didapat dari hadiah, seperti Mbak Nana lakukan. Yang penting meja kerja harus bersih juga guys, karena siapa sih yang mau kerja di meja kotor?

Tidak lupa kita juga harus berterimakasih kepada teman-teman Office Boy, karena merekalah yang selalu membersihkan meja kita setiap harinya. Terima kasih ya teman-teman OB, sudah membersihkan meja-meja di kantor, tetap semangat Mas!

4. Istirahat yang cukup

Kerja di Alterra boleh dibilang tidak bisa santai juga. Baik itu dari divisi teknologi, finance, human resource, business development, dan lain-lain, setiap divisi mempunyai kesibukan yang berbeda-beda. Hal yang bisa dilakukan di Alterra salah satunya adalah untuk menaikkan mood semangat dengan tidur.

Menurut saya tidur cukup membantu bagi diri saya karena setelah bangun kita sudah mendapatkan energi yang cukup untuk kembali beraktivitas lagi. Tetapi bukan berarti datang ke kantor terus tidak semangat langsung cari escape terus tidur. Bukan begini juga caranya, itu kamu saja yang pengen bobo haha….

Jadi, bagaimana nih cara bagusnya untuk beristirahat atau tidur di Escape Room? Biasanya aku selalu menggunakan timer untuk membatasi waktu tidur jadi tidak akan kebablasan hingga berjam-jam tidurnya.

Kalau aku biasa pasang waktu 25-40 menit untuk tidur siang tergantung situasi dan kondisi dari pekerjaan. Cara ini boleh juga dicoba sama teman-teman. Tetapi inget jangan ngorok ya tahu diri juga. Tapi maaf saya juga tidak bisa memberikan saran bagaimana caranya mengatasi ngorok mungkin bisa ditanyakan kepada ahlinya saja haha….

5. Hindari banyak makan siang yang berlebihan

Nah ini salah satu hal yang memang tidak bisa dihindari. Biasanya yang makannya berlebihan pasti akan mengantuk, hayo ngaku siapa yang begitu? Sebenarnya sah-sah saja mau makan banyak apa tidak. Tapi ingat juga kalau makan berlebihan pasti akan diikuti oleh rasa kantuk yang bisa memengaruhi semangat kerja.

Misal habis makan nasi, ditambah makan roti, lalu buat kopi, sambil makan camilan, ini sudah pasti calon-calon muka ngantuk nih di kantor. Sedikit tips dari saya, kalau misalnya habis ini ada meeting besar, biasanya saya makan secukupnya. Nanti baru disambung lagi setelah meeting selesai. Kalau teman-teman ada cara lain boleh juga tuh di-share!

6. Berbicara atau curhat

Berbicara atau curhat bisa menjadi salah satu ritual sendiri yang bisa menambahkan semangat. Pasti di kantor pernah kan ada yang merasa jenuh, atau mood kurang bagus, dan lain-lain sebagainya. Berbicara atau curhat bisa menjadi salah satu hal yang efektif juga untuk meningkatkan mood kerja.

Biasanya kalau gosip pasti pada semangatkan kan? Ya apalagi gosipnya lagi hothotnya. Tapi ingat tetap dibatasi juga jangan sampai kelewatan juga gosipnya, nanti kerjaan jadi tidak selesai. Oh iya, baca juga ya artikelnya mas Aryo “The Power of Ngobrol” di sini.

Jangan lupa perhatikan etika juga dalam berbicara, jangan menyinggung teman-teman yang lain. Perhatikan kesibukan ya lain juga, kalau temanmu lagi banyak kerjaan, sebaiknya jangan diganggu juga ya.

7. Berikan hadiah kecil untuk diri sendiri

Kapan terakhir kali kamu memberikan hadiah sebagai penghargaan buat diri sendiri? Hal kecil ini juga menurut saya bisa menambah semangat kita lho. Bukan berarti kita harus boros. Tetap tergantung situasi dan kondisi juga, kalau situasi dan kondisi memungkinkan, silahkan lakukan saja dan tidak dilandaskan oleh paksaan juga ya.

Contoh yang biasa suka saya lakukan misalnya membeli makanan. Biasa kalau makan siang di Cilacap yang murah meriah, mungkin satu hari saya beli SaladStop buat menambah semangat kerja sesekali makan mewah. Saya menganggap ini sebagai penghargaan buat diri sendiri,

Penghargaan bentuknya berbeda-beda, bisa juga beli Kopi Kenangan pakai voucher Grab, sambil mengingat kenangan-kenangan indah bersama (halah). Ajak juta teman-teman di tim-mu, pasti pada semangat juga untuk beli kopi bersama. Tapi jangan lupa bayar ya guys yang patungan hehe.

8. Senyum

Terakhir adalah senyum kepada teman-teman Alterra. Yup, siapa yang masih ingat ketika masuk Alterra pertama kali? Pasti kamu melangkah sambil tersenyum kan? Enggak mungkin cemberut, ada yang salah itu pasti haha.

Senyum adalah perwujudan dari sikap positif. Senyum adalah hal yang paling mudah bisa kita lakukan dari diri kita sendiri. Siapa sih yang tidak senang senyum?

Mengacu kepada undang-undang Alterra mengenai “People”, pasti enggak ada orang juga yang mau rekan kerja disebelahnya terus-terusan cemberut. Hawa negatifnya bisa-bisa memengaruhi mood kerja kita di kantor. Dengan senyum kita sudah memberikan rasa nyaman di hati kita sendiri, dan pastinya buat orang lain yang melihat.

 

Oke sekian dulu sharing dari saya. Tidak semua informasi di atas cukup untuk kebutuhan teman-teman. Ada juga mungkin yang masih kurang atau tidak setuju, tetapi inilah yang sering saya lakukan untuk menambah semangat di kantor. Jadi buat teman-teman di Alterra tetap semangat menjalani pekerjaannya ya. Salam semangat!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Donny Kurniawan

Kehidupan di Alterra

Halo semua, perkenalkan namaku Donny Kurniawan, biasa dipanggil Inod, Nod, dan lain-lain. Seperti yang kalian tahulah, ya, aku ini bekerja sebagai Software Engineer di Alterra. Ya, terkadang bagi orang awam tidak mengerti apa itu Software Engineer, oleh karena itu kadang aku mengatakan bahwa aku hanya tukang ketik. Anyway, sebelum aku masuk Alterra aku bekerja sebagai […]

Read More
Mugh Dzin Syah

How I Enjoy My Work at Alterra

Alhamdulillah sekarang ini aku dapat bekerja sebagai salah satu Software Engineer di PT. Alterra, suatu perusahan yang bergerak di bidang teknologi yang semoga menjadi perusahaan terbaik di indonesia yang menangani billing system. Sebelumnya, tak pernah terlintas di pikiranku untuk bekerja di dunia IT apalagi sebagai Software Engineer, itu sungguh merupakan challenge yang cukup besar bagiku […]

Read More