fbpx
Kartika Andiani | 26 Mar 2020

Tips WFH Alterra Demi Cegah COVID-19

Siapa yang enggak tahu COVID-19? Atau Coronavirus Disease 2019. Kita lebih akrab lagi dengan panggilannya, Corona.

Dari pemberitaan di berbagai media, kita tahu bahwa virus ini mulai enggak main-main penyebarannya di Indonesia, utamanya Jakarta, sebagai kota dengan penduduk yang aktif keluar-masuk setiap harinya. Dalam waktu gak ada sebulan, dari awalnya hanya dua orang, peningkatan pasien positif COVID-19 sangat tinggi hingga hari ini. Hal ini mengakibatkan adanya kepanikan hingga adanya isu lockdown.

Pemerintah, baik pusat maupun daerah telah menghimbau masyarakat untuk kurangi aktivitas di luar rumah dan keramaian kalo tidak ada keadaan yang mendesak, disertai dengan kebijakan-kebijakan pendukung lainnya. Yang utama adalah selalu menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir ataupun memakai hand sanitizer. Ini adalah upaya-upaya preventif yang dapat kita lakukan.

Dengan berbagai pertimbangan dan demi kebaikan bersama, selain menyediakan hand sanitizer dan masker, akhirnya Alterra pun mengeluarkan kebijakan WFH atau work-from-home bagi Alterrans yang bekerja di kantor Jakarta dan Malang. WFH diadakan dari tanggal 16 Maret hingga saat ini. Kebijakan ini disambut sangat baik oleh Alterrans karena tidak sedikit di antara kita yang harus menggunakan transportasi umum, seperti busway dan KRL untuk berangkat dan pulang kantor.

Baca juga: Apa Sih Keuntungan Memiliki Asuransi Perjalanan?

Memang, WFH tidak bisa seefektif ketika kerja di kantor dan susah-susah gampang buat dilakukan. Tapi ini gak mematahkan semangat kita untuk tetap berusaha produktif untuk Alterra. Selalu ada cara untuk kita bersinergi dan catch-up serta update pekerjaan masing-masing. Dengan memastikan bahwa kita selalu terhubung dengan internet dan listrik, maka kita dapat melanjutkan pekerjaan kita di rumah sekalipun.

Apa sih yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat dan produktif di masa-masa WFH ini? Kita bisa coba 8 tips di bawah ini:

(Foto: Pexels)

 

  • Bikin agenda kerja harian dan set working hours

Apa saja yang harus kita kerjakan hari ini. Jangan lupa buat checklist dan review di akhir jam kerja untuk tahu apakah kita uda melalui WFH dengan baik hari ini.

  • Tetap standby untuk online meeting ya

Seperti halnya meeting di kantor, justru ketika WFH kita harus lebih siap untuk hadir meeting secara daring.

  • Lakukan hal-hal yang biasa kita lakukan kalo mau berangkat kerja.

Misalnya mulai mandi dulu, baju rapi, berdandan, atau pake wewangian. Terkesan ribet, tapi boleh untuk dicoba lho. Tanpa sadar ini bisa bantu kita untuk masuk ke mode “siap untuk bekerja.”

  • Usahakan jangan kerja di tempat tidur

Hal ini bisa memancing rasa mager untuk mulai kerja, apalagi kalo enggak terbiasa untuk sistem WFH ini.

  • Jangan lupa makan teratur dan banyak minum air mineral

Hindari minum minuman dingin dulu karena kita tetap harus jaga energi dan imun kita, jangan malah mengundang penyakit ya.

  • Manfaatkan waktu istirahat

Di jam istirahat, misalnya di waktu siang jam 12 hingga jam 13, gunakanlah hak istirahat kita seperti kalo di kantor. Tapi jangan sampai kebablasan lupa lanjutin kerjaan ya hehe…. 

  • Beri apresiasi untuk diri kita

Apresiasi untuk kita yang sudah menyelesaikan WFH hari ini dan menyelesaikan to-do-list dengan baik. Ini bisa membangun semangat baru untuk melanjutkan WFH di esok hari.

  •  Komunikasi dengan rekan kita

Komunikasi jangan sampai lupa, update soal pekerjaan penting tapi update kabar juga tidak boleh terlewat. Kita bisa tanya kabar mereka hari ini, apakah sudah makan atau belum, dan lain sebagainya. Karena sehari-hari di kantor kita biasa banyak interaksi dengan teman-teman kantor, ngobrol, diskusi, dan makan bareng. Pasti momen WFH ini juga bikin kita kangen satu sama lain.

 

Last but not least, ingat bahwa WFH, H-nya adalah home, bukan holiday ya! Yuk, kita manfaatkan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab momen WFH dari Alterra ini. Kalo lagi ada yang merasa unwell, segera ke dokter ya untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

So, stay safe, stay hydrated, and stay healthy, Dear Alterrans!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

PDAM Pintar: Solusi Praktis Bagi PDAM untuk Miliki Sistem yang Terintegrasi

Sebagai pihak yang ditunjuk langsung oleh pemerintah untuk mengelola, menyediakan, serta mendistribusikan air bersih atau air minum bagi masyarakat, PDAM secara garis besar memiliki tanggung jawab dari hulu ke hilir mulai dari yang terkait kinerja internal PDAM itu sendiri hingga dampaknya pada kualitas layanan PDAM kepada semua pelanggan.  Namun, dalam menjalankan tugasnya tersebut, PDAM di […]

Read More

Sponsori Rakernas PERPAMSI, Bima Sakti Alterra Bantu Wujudkan Sistem PDAM Terintegrasi

Tepatnya pada 29 – 30 Januari 2020 lalu, Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia atau PERPAMSI, menyelenggarakan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) dan Mapamnaslub (Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional Luar Biasa) yang bertempat di PDAM Surya Sembada, Kota Surabaya, Jawa Timur. Selain dihadiri oleh direksi, pengurus, dan anggota dari PDAM di seluruh kota atau kabupaten yang […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.