fbpx
Fajri Romadon | 3 Sep 2020

7 Alasan Bangga Menjadi ALTERRANS

Sepertinya angka 7 merupakan angka yang menarik. Seperti 7 Keajaiban Dunia dan 7 Hal Mengapa Bangga Menjadi Bangsa Indonesia dengan beraneka suku dan budaya, beragam bahasa, kekayaan alam yang melimpah, banyak destinasi wisata, terdapat lebih dari 16.000 pulau, kuliner tradisional yang menggugah selera hingga salah satu negara yang memiliki tempat keajaiban dunia.

Namun Saya tidak akan membahas 7 Keajaiban Dunia atau 7 Hal Mengapa Bangga Menjadi Bangsa Indonesia. Tapi Saya akan membahas 7 Alasan Bangga Menjadi Alterrans.

Alterrans adalah sebutan semua orang yang bekerja di Alterra atau bisa dikatakan sebagai keluarga di Alterra. Dan inilah 7 Alasan Bangga Menjadi Alterrans yang dimana 7 alasan tersebut apabila disingkat menjadi ALTERRA :

 

(Foto: Dok. Alterra)

1. A Company with 5 Values

Ya, sebuah perusahaan yang memiliki 5 nilai dasar sebagai DNA perusahaan. Diantaranya mulai dari Customer Focus, Champion, Innovation, Integrity dan Collaboration. Saya yakin banyak perusahaan yang memiliki “DNA” masing-masing dengan nilai-nilai yang berbeda. Namun Saya merasakan dari 5 nilai di Alterra ini memiliki semua yang dibutuhkan dan harus dimiliki sebagai Alterrans.

Saya bukan merupakan seorang Alterrans yang sudah lama menjadi keluarga Alterra. Akan tetapi saat Saya sudah menjadi Alterrans dan seiring berjalannya waktu, 5 nilai tersebut memang harus dimiliki dan ditanamkan dalam diri Alterrans. Dengan Core Business yang sangat luar biasa, Saya yakin akan menjadikan Alterra sebagai perusahaan Bill Payment Solution / Innovate Billing nomor satu di Indonesia. Bahkan tidak menutup kemungkinan sampai go International.

Umumnya perusahaan hanya memiliki 3 nilai / aspek yang dimiliki seperti pada umumnya “Saling Percaya”, yang apabila di Alterra merupakan value dari Integrity. Selain saling percaya, umumnya perusahaan juga memiliki nilai “Mudah”, yang dapat diartikan sebagai nilai Collaboration, dimana setiap tim atau divisi dengan mudah saling berkomunikasi dengan baik, mudah bekerjasama dan bahkan mudah saling menolong. Sehingga dapat terciptanya selalu peduli terhadap sesama, saling menolong dan menghargai keberagaman perbedaan yang ada. Dan yang terakhir umumnya adalah “Kesenangan/Kepuasan”, yang apabila di Alterra adalah sebagai nilai Customer Focus. Bagaimana memberikan layanan terbaik kepada customer / mitra / kolega dan dengan memberikan transparansi dalam memenuhi kebutuhan dan tanggung jawab. Sehingga dengan nilai tersebut dapat terciptanya kepuasan atau kesenangan satu sama lain yang menjadi balance, mungkin bahasa anak millennial saat ini disebut exiting.

Nah, dari 3 values dasar yang di atas, Alterra memiliki 2 nilai tambahan dengan adanya Champion, bagaimana Alterrans bisa selalu menjadi seorang Pemenang, menjadi seorang yang ambisius, seorang yang memiliki target juga seorang yang selalu bersemangat. Selanjutnya adalah Innovation, bagaimana seorang Alterrans memiliki kreatifitas tinggi. Di Alterra, Kita akan selalu didukung dengan kreatifitas Kita dan tidak hanya itu saja, bahkan Kita dapat mengasah kreatifitas Kita untuk berani bereksperimen hingga munculnya ide-ide yang berinovasi.

Saya bangga menjadi Alterrans dengan memiliki 5 Values sebagai DNA Alterra, Saya sangat setuju dengan 5 values tersebut. Kami sebagai Alterrans berterima kasih kepada para Co-Founder, yaitu Ananto Wibisono dan Jefrey Joe yang sudah menanamkan 5 values kepada Alterrans.

2. Loyalitas Tinggi

Ada yang mengatakan bahwa cinta, kebahagiaan atau waktu tidak dapat dibeli dengan uang, namun ada satu hal lagi yang terkadang luput dari perhatian, yakni loyalitas. Loyalitas merupakan salah satu hal yang tidak dapat dibeli dengan uang. Loyalitas hanya bisa didapatkan, tetapi tidak bisa dibeli. Ketika Loyalitas sudah dimiliki, artinya seseorang tersebut sudah merasakan yang namanya kenyamanan, cinta akan pekerjaan, berintegritas dan saling memberikan feedback yang membangun.

Saya melihat di Alterra, semua Alterrans memiliki loyalitas terhadap Alterra. Terbukti dari bagaimana mereka saling bekerja sama, saling mengingatkan, saling memberikan dukungan, memberikan ide-ide menarik dan saling mengerti. Saya salut dengan culture yang berada di Alterra. Alterrans yang memiliki loyalitas tinggi, hingga membawa Alterra menjadi lebih baik dan lebih besar. Segala pencapaian yang telah diraih, rencana yang telah dilaksanakan dan membuat suasana Alterra menjadi lebih menarik.

Be Super itu membutuhkan loyalitas tinggi, kerja keras dan tanpa adanya kolaborasi yang serasi sulit untuk dicapai. Saya bangga menjadi Alterrans yang membuktikan bahwa Alterrans dapat melakukan ketiga hal tersebut. Alterrans, be super!

3. Teman-teman yang penuh Inovasi

Tidak takut mencoba hal baru dan berani mengemukakan ide demi memberikan Inovasi. Ketika Saya sedang dalam meeting dengan rekan satu tim atau bahkan beragam tim, mereka saling terbuka dan berani mengemukakan pendapat dan ide yang diberikan. Dan audiences pada saat itu sangat antusias mendengarnya. Apapun yang dikemukakan Alterrans, sebagai pendengar atau audience, Kita saling menghargai, saling mengerti dan respect merupakan poin penting dalam meeting dan mendengarkan pembicara.

Baik dari divisi Saya dan divisi lain, banyak ide-ide baru yang Saya dengar dan rasakan. Inovasi yang diberikan untuk perusahaan, berpikir out of the box dan membuat suasana tidak kaku. Kerennya lagi, di Alterra, Alterrans tidak seperti yang lain yang selalu menganggap di lingkungan kerja merupakan suasana yang tegang dan kaku. Alterrans selalu bisa membuat suasana menjadi hidup dan Alterrans selalu mengetahui batasan akan hal tersebut. Ada kalanya Kita juga harus bersikap lebih tenang namun tidak terlalu kaku, baik dalam meeting ataupun berkolaborasi.

   Semenjak di Alterra, Saya mulai berani dalam mengemukakan ide dan pendapat lainnya. Apabila Saya kurang tepat, Saya tidak takut, karena Alterrans selalu mengerti dan memberikan feedback yang positif. Beragam inovasi baik di internal maupun eksternal kepada mitra, Alterra memberikannya yang terbaik melalui Alterrans. Guys, Saya Bangga Menjadi Alterrans and we all doing the best and be brave to doing the right things!

4. Energy of Champion

That’s true! Energy of Champion ada pada dalam diri setiap Alterrans. Memiliki semangat yang tinggi, memiliki tujuan atau target dan menginspirasi satu sama lain. Bagi Saya semangat merupakan harapan. Dalam peperangan lebih baik kehilangan senjata dan makanan daripada kehilangan harapan / semangat. Karena dengan harapan / semangat tersebut dapat bertahan hidup, mencari makan dan membuat senjata untuk kembali ke medan perang.

Well, Alterra dahulu hanya setetes air yang jatuh untuk mengisi kekosongan. Namun kini Alterra telah menjadi air yang deras bak ombak di lautan yang menghantam setiap rintangan. Semangat para Alterrans ini yang membuat Saya bangga karena dari Alterra yang selalu memberikan dukungan. Hingga kini, Kita semua masih menghadapi situasi pandemic (COVID-19), yang mengharuskan semua Alterrans melakukan pekerjaan dari rumah (WFH). Namun hal tersebut tidak menurunkan semangat Alterrans untuk tetap berjuang bersama. Saling memberikan dan menerima feedback guna memastikan semua baik-baik saja.

Dan Alterra pun turut mendukung segala yang dibutuhkan Alterrans dalam masa pandemic bekerja di rumah, dengan didukungnya berupa subsidi Meja dan Kursi untuk bekerja di rumah, paket data WFH setiap bulan, tambahan bulanan untuk listrik, bingkisan berupa alat kesehatan dan multivitamin. Selama masa pandemic Alterranns membentuk tim Alterra #FightCovid19 yang bertugas dalam mengawasi Alterrans dan lingkungan sekitar tetap dalam keadaan sehat juga memberikan dukungan kepada lingkungan sekitar kantor dengan memberikan bantuan sosial kepada yang membutuhkan. I think it’s amazing! A company supporting you more.. Dengan hal tersebut semangat Alterrans dalam bekerja walau di masa pandemic ini tidak meredup. Saya bangga menjadi Alterrans dengan semuanya yang memiliki jiwa Champion dan Alterra terus mendukung agar semangat tersebut tidak meredup.

5. Ramah Orang-orangnya

         “Pagi mas!”, “Pagi mba!”, “Halo mas!”, “Halo mba!” Kata-kata tersebut memang sangat sederhana. Akan tetapi kesederhanaan tersebut sangatlah bernilai dan ditambah dengan senyum khas masing-masing Alterrans. Ketika Kita sering melakukannya walau mungkin tidak saling mengenal karena berbeda divisi, namun hal tersebut bisa menjadi semangat bahkan pemanis dalam keseharian Kita di dalam pekerjaan.

         Teringat saat interview di Alterra, melihat Alterrans yang saling sapa dan senyum, memang sederhana dan sepele, namun bagi Saya itu berkesan. Dan ketika Saya sudah menjadi Alterrans hal tersebut Saya rasakan hingga kini. Bahkan ketika Saya bertemu CEO, Ananto Wibisono, ia tak segan memberikan senyuman dan candanya kepada karyawannya, seolah semua seperti keluarga, bukan sebagai rekan kerja yang menjadikan hal tersebut memiliki ikatan yang berbeda. Bahkan ketika di dalam meeting dengan satu tim atau beda divisi, Alterrans selalu menghidupkan suasana dengan ditambahkan canda tawa, seolah hati berharap waktu itu tak cepat berlalu. Ditambah dengan teman-teman wanitanya yang cantik-cantik dan manis-manis ☺. Teman-teman pria yang heboh dan gokil!

Saya bangga menjadi Alterrans yang diisi orang-orang yang positif dan ramah. So, keep giving smiles, Alterrans!

6. Rasa Memiliki

Cinta dan kasih sayang merupakan pengertian dari rasa memiliki (kebahagiaan). Saat kehilangan, tentunya rasa itu akan berbeda. Easy… Saya tidak akan membahas soal percintaan, hehee.. Tapi memang sebenarnya rasa memiliki merupakan cinta, *loh! Ketika Alterrans mencintai pekerjaan dan timnya, maka di dalam dirinya terdapat rasa memiliki, kalau bahasa kerennya adalah Ownership. Dan rasa tersebut tidak akan ia rusak atau nodai dengan kesalahan.

Namun sebagai manusia tidak ada yang sempurna di dunia ini, meski kesalahan dibuat, semua ada konsekuensinya. Dan hal itu menjadi pelajaran dan hikmah atas apa yang dilakukan. Dan bangkit untuk memperbaiki dan menjaganya kembali. Karena hal tersebut menjadikannya sebagai rasa tanggung jawab. Hhmm.. Ini sebenarnya mirip dengan 5 Values Alterra, yaitu Customer Focus. Di mana rasa tanggung jawab merupakan rasa memiliki yang akan selalu dijaga.

Alterrans memiliki rasa tersebut. Rasa memiliki tanggung jawab, rasa memiliki keluarga, tapi jangan sampai ada rasa memiliki pujaan hati ya.. Kecuali sudah dimiliki hehee.. Well, saya senang Alterrans memiliki rasa tersebut, Rasa Memiliki. Karena ketika salah satu dari Alterrans ada yang sedang sakit atau berhalangan karena tidak bisa membantu rekan tim dalam pekerjaan, Alterrans lain selalu menanyakan kabarnya, kondisinya dan keadaannya.

Alterrans tetaplah Alterrans. Di mana pun, kapan pun dan ke mana pun, Alterrans selalu memiliki rasa tersebut. Mengingat kenangan dan perjuangan bersama. Pahit dan manis dilalui bersama. Bergerak bersama-sama dan saling mendukung.

7. Alterra is The Best Place to Work for

Tahukah kamu, saat ini Alterra dijuluki atau dinobatkan “The Best Place to Work for”. Sebuah pencapaian yang tidak mudah. Didirikan tepat 5 tahun lalu, Alterra kini menjadi lebih besar. Dengan manajemen yang baik, Alterrans dapat saling mendukung. Pencapaian tersebut telah diraih. Semoga akan terus dan selalu seperti itu.

Tak terasa tepat 1 tahun berlalu saat outing semua Alterrans ke Bali. Yes, semua Alterrans dan ke Bali. You’re not wrong! Saya pikir hal tersebut benar-benar luar biasa. Membawakan lebih dari 400 Alterrans mengudara dari Jakarta, Malang dan Jambi menuju ke Bali bersama-sama dalam All Minds Meeting. Peluh yang selalu membasahi karena semangatnya Alterrans yang selalu kerja keras, berintegritas, berambisi dan memiliki jiwa pemenang. Pada saat tersebut sejenak Kami beristirahat, berlibur sambil melakukan All Minds Meeting. Dan juga saling bertatap muka secara langsung karena berbeda lokasi kantor, yaitu di Jakarta, Malang dan Jambi.

Alterra memang keren. Setiap tahun selalu mengadakan outing bersama semua Alterrans. Thank you mas Ananto, koh Jefry dan semua manajemen yang selalu mendukung Alterrans. Semoga yang akan datang Kita akan outing ke luar negeri, hehee.. Aamiin.

Alterra berisi Alterrans yang luar biasa, tak terlepas dari para Co-Founder dan Manajemen yang selalu memberikan dukungan dengan peraturan-peraturan yang transparan, program-program yang mendukung Alterrans, fasilitas-fasilitas yang memadai dan selalu mendengarkan dan mengevaluasi masukkan / feedback dari Alterrans, sehingga menjadikan Alterra sebagai Alterra is The Best Place to Work for.

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Rasanya 5 Tahun di Alterra

“Dit, pernah nggak lo expect bahwa kita bisa kayak gini?” Itu pertanyaan Mas Ananto yang keluar saat menyapa gue di Gala Dinner Outing Bali, bikin gue mengenang masa interview. Inget banget dulu beliau bilang “Gue nggak tau ini akan bertahan sampai tahun depan apa nggak?” Ebuset realistis amat pikir gue. Tapi ya mungkin Mas Ananto […]

Read More

Humanisme Teknologi, Alasan Kenapa Saya Memilih Alterra

“Di masa depan, robot akan banyak membantu pekerjaan manusia menjadi lebih efisien, bukan untuk menggantikan manusia. Manusia dan robot dapat berkolaborasi dan hidup berdampingan” Pernyataan di atas sering dikemukakan para praktisi teknologi untuk menjawab keresahan banyak orang awam terkait banyaknya pekerjaan di masa depan yang akan diambil alih oleh kecerdasan buatan. Bagaimanapun, keresahan-keresahan yang dialami orang-orang […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.