fbpx
Audi Fristya | 17 Feb 2020

Bahaya! Ini Efek Buruk Jika Duduk Terlalu Lama

Yang namanya pekerjaan pasti banyak macamnya. Ada pekerjaan yang membuat kamu beraktivitas di luar ruangan, tapi tidak sedikit juga yang mengharuskan para karyawannya untuk seharian bekerja duduk di depan komputer atau laptop. Padahal pulang kantor pun kamu langsung menghabiskan waktu dengan duduk bersama keluarga atau tiduran di kasur. Bisa dibilang aktivitas bergerakmu dalam sehari cukup sedikit. Olahrga pun jarang. Hayoo.. Alterrans, apakah kamu salah satunya? Tahukah kamu efek buruk dari duduk terlalu lama? Ternyata efeknya cukup berbahaya untuk kesehatan. Ayo simak ulasan lengkapnya di sini!

 

1. Meningkatnya risiko berbagai penyakit

Bukan hanya satu penyakit, ketika duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko beberapa penyakit. Diantaranya adalah penyakit jantung, penyakit diabetes melitus tipe 2, dan kanker. Duduk terlalu lama diklaim bisa meningkatkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, meningkatkan lemak tubuh sekitar pinggang, dan kadar kolestrol abnormal.

Tak hanya sampai di situ, duduk terlalu lama itu menyebabkan otot bekerja lebih sedikit untuk membakar lemak, sirkulasi darah pun lebih lamban, dan membuat asam lemak lebih mudah untuk menyumbat peredarah darah ke jantung.

 

2. Meningkatkan risiko kelebihan berat badan

Lebih sedikit bergerak tentu kecenderungan untuk pembakaran lemak menjadi lebih sedikit, tentu pastinya berimbas dengan meningkatknya risiko kelebihan berat badan atau overweight.

Pasti kamu pun ada jam-jam tertentu di mana kamu bekerja sambil makan atau nyemil. Biasanya pada saat sore hari, tuh! Apa yang biasanya jadi jajanan kamu? Siomay? Batagor? Atau minuman boba kenamaan?

Tentu aktivitas gerak yang sedikit dibarengi dengan banyaknya makanan, akan berimbas dengan menumpuknya lemak di dalam tubuh. Apalagi kalau kamu pun tidak olahraga dengan rutin.

 

3. Duduk bisa melemahkan otot

Ketika duduk tentu otot tubuh pun jadi tidak bekerja. Ketika kamu berdiri atau berjalan, bagian otot perut hingga kaki akan menegang dan bekerja. Ketika duduk, keseluruhan otot dalam posisi tidak bekerja. Sehingga kalau terlalu lama pun bisa melemahkan otot-otot dalam tubuhmu.

 

Baca juga: Daftar Tren Digital Marketing 2020, Sudah Tahu Belum?

 

4. Bisa menyebabkan sakit pada bagian leher dan punggung

Selain efek yang terjadi pada “bagian dalam” tubuh, efek yang paling dirasakan tentu rasa sakit pada bagian leher dan punggung. Hal ini lumrah terjadi jika pada keseharian kamu terlalu lama duduk.

Makanya sebaiknya pastikan posisi duduk sudah benar. Banyak yang masih salah mengenai posisi duduk paling tepat. Yang tepat adalah bagian punggung tegak, dan bagian tanganmu ketika dalam posisi mengetik tidak ada yang menggantung. Pastikan untuk terus berada di meja. Itulah posisi duduk yang benar, meskipun tidak mengurangi kecenderungan untuk menimbulkan berbagai efek di atas, tapi posisi duduk yang tepat bisa mengurangi rasa sakit pada bagain leher dan punggung.

 

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegah hal ini terjadi?

  • Perbanyak jalan kaki! Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, mungkin kamu bisa mulai dengan menggunakan transportasi umum.
  • Jika kamu menggunakan transportasi umum, coba berdiri saja, meskipun perjalanan cukup jauh.
  • Hindari penggunaan lift dan gunakan tangga.
  • Pastikan posisi dudukmu benar.
  • Lakukan stretching setiap tiga jam. Ingat olahraga bisa dilakukan di mana saja. Kamu bisa melakukan squat di meja kantormu.

 

Jadi sudah tahu kan sekarang? Ayo jangan lupa dilakukan pencegahannya! Semangat!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Daftar Tren Digital Marketing 2020, Sudah Tahu Belum?

Berkembangnya dunia digital pun turut berimbas dengan strategi pemasaran yang dilakukan banyak brand dan perusahaan. Tentu dunia digital yang ternyata bisa mencakup target market yang lebih luas, dianggap memiliki potensi dampak yang lebih besar bagi perusahaan. Begitu pun dengan bujet yang dipastikan tentunya bisa lebih murah. Makanya banyak perusahaan yang akhirnya merubah strategi pemasarannya menjadi […]

Read More

#AltaTalks Vol. 4: Wawancara Bersama Azzahra Lamuri

Wah, sudah #AltaTalks Vol. 4 saja, nih. Untuk bulan ini, wawancara bersama Azzahra Lamuri, salah satu mentee Alterra Academy dari batch 4 akan menjadi episode yang terakhir. Kedepannya akan banyak wawancara seru lainnya, bersama sosok-sosok berikutnya. Sebelum itu, simak dulu yuk wawancara tim KAMIS bersama Azzahra Lamuri berikut ini!   Q: Zahra, boleh perkenalan diri dulu kah? […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.