fbpx
Audi Fristya | 10 Feb 2020

Daftar Tren Digital Marketing 2020, Sudah Tahu Belum?

Berkembangnya dunia digital pun turut berimbas dengan strategi pemasaran yang dilakukan banyak brand dan perusahaan. Tentu dunia digital yang ternyata bisa mencakup target market yang lebih luas, dianggap memiliki potensi dampak yang lebih besar bagi perusahaan. Begitu pun dengan bujet yang dipastikan tentunya bisa lebih murah. Makanya banyak perusahaan yang akhirnya merubah strategi pemasarannya menjadi lebih menonjolkan strategi digital marketing. Untuk tahun ini, apa saja sih tren digital marketing? Kalau mau tahu, simak daftar tren digital marketing 2020 berikut ini!

 

Tren digital marketing 2020

(Foto: Pexels)

 1. Hyper-Targeted Advertising

Habis membicarakan sesuatu bersama teman, tiba-tiba iklannya muncul di sosial media? Kalau yang ini mungkin sudah biasa di zaman sekarang. Tapi kalau iklan di sosial media tampak kurang relevan, apakah kamu sudah pernah melihatnya? Hal itu karena salah satu tren strategi digital marketing di tahun 2020 adalah hyper-targeted adveritising.

Strategi ini merupakan salah satu yang sedang dikembangkan oleh banyak perusahaan. Di mana iklan di sosial media, ditujukan untuk target market yang lebih besar, tidak ter-segmentasi. Jadi tak menutup kemungkinan jika kamu sedang ingin berbelanja sepatu, iklan yang akan muncul justru koleksi tas terbaru.

Tapi terkadang pengguna sosial media memang suka terlena dengan konten yang menarik. Jika memang kamu memiliki brand dan terus konsisten untuk menghadirkan konten yang menarik, 36% bisa dipastikan akan merespon dengan membeli produk tersebut. Itulah kenapa, strategi yang satu ini sedang ramai digunakan oleh banyak perusahaan.

 

2. Search Engine Optimization

Strategi Search Engine Optimization atau SEO memang sedang merebak beberapa tahun ke belakang. Pasalnya model yang satu ini bisa menjadi salah satu strategi paling efektif untuk meraih traffic organik. Nah, di tahun 2020, strategi ini masih booming karena memang masih dalam proses pengembangan formulanya.

Karena proses pengembangan tersebut masih banyak perubahan terjadi pada mesin pencari. Hal itu yang membuat banyak perusahaan masih mengeksplor formula SEO yang tepat. Perubahan dalam algoritma pencarian tentu sangat memengaruhi hasil pencarian pengguna.

Baca juga: Digital Marketing di Bisnis B2B: Ini Strategi yang Kami Coba di Alterra

 

3. Search Engine Marketing

Berbeda dengan SEO, Search Engine Marketing atau SEM adalah strategi penjualan internet marketing yang kian jadi banyak pilihan, hingga tahun ini. Cara kerjanya adalah membuat produk atau jasa yang kita tawarkan berada pada halaman utama SERP (Search Engine Result Page). Tentu hal ini akan lebih maksimal dengan dukungan SEO yang baik.

Tapi kamu pun masih bisa membuat produk terlihat di halaman utama, walaupun tanpa SEO yang baik dengan cara memasang iklan dengan menargetkan kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

 

4. Email marketing

Ingin strategi yang lebih personal? Email marketing bisa menjadi salah satu strategi yang menguntungkan di tahun ini. Karena dikirim ke email pribadi, tentu notifikasi pun diakses di mana saja melalui telepon para individu tersebut.

Email marketing tentu menjadi salah satu strategi yang memiliki dua tujuan sekaligus. Yaitu, untuk mendapatkan transaksi dari pembeli baru, atau pembeli lama. Email marketing juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga loyalitas pembeli lama.

Jika ingin mencoba strategi yang satu ini, yang dibutuhkan adalah data pelanggan. Kamu bisa mendapatkanya dari formulir yang dibagikan.

Baca juga: Keseruan Year-End Meet Up Drupal Indonesia di Alterra

 

5. Sosial Media Marketing

Tentu, yang satu ini pun masih akan terus melebarkan sayapnya di tahun 2020 ini. Pasalnya sosial media masih tidak menampakkan kemundurannya, sebagai salah satu platform yang paling banyak dikunjungi.

Hal ini pun harus bisa dimanfaatkan oleh masing-masing perusahaan untuk menjalankan strategi pemasarannya. Kini tak hanya Instagram atau Facebook saja, kamu juga bisa mencoba untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu buat melalui Youtube atau Twitter.

Jenis kontennya pun bisa lebih beragam. Dari tulisan, foto, video, gambar, bahkan sekarang pun kamu bisa melakukan pemasaran dalam bentuk podcast. Podcast kini jadi salah satu jenis konten yang sedang banyak digemari orang. Buatlah konten semenarik mungkin, agar dampak yang dihasilkan pun benar-benar maksimal.

Kenapa sih content marketing penting untuk bisnis? Simak di sini ya ulasannya!

 

Dari berbagai tren digital marketing 2020 di atas, mana yang benar-benar mencuri perhatianmu?

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

#AltaTalks Vol. 4: Wawancara Bersama Azzahra Lamuri

Wah, sudah #AltaTalks Vol. 4 saja, nih. Untuk bulan ini, wawancara bersama Azzahra Lamuri, salah satu mentee Alterra Academy dari batch 4 akan menjadi episode yang terakhir. Kedepannya akan banyak wawancara seru lainnya, bersama sosok-sosok berikutnya. Sebelum itu, simak dulu yuk wawancara tim KAMIS bersama Azzahra Lamuri berikut ini!   Q: Zahra, boleh perkenalan diri dulu kah? […]

Read More

#AltaTalks Vol. 3: Kenalan dengan Charisma Fadzri Triprakoso

Hello Alterrans, #AltaTalks episode kali ini tim KAMIS mewawancarai salah satu mentee dari Alterra Academy batch 4 yang ternyata punya jurusan yang unik banget. Memiliki latar pendidikan Astronomi dari Institut Teknologi Bandung, ternyata tidak membuat Charisma Fadzri Triprakoso mengurungkan niatnya untuk belajar koding di Alterra Academy. Bagaimana kisah lengkapnya? Simak wawancara berikut ini:   Q: Halo! Kita kenalan […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.