fbpx
Ghea Rianty | 4 Mar 2020

Sponsori Rakernas PERPAMSI, Bima Sakti Alterra Bantu Wujudkan Sistem PDAM Terintegrasi

Bima Sakti Alterra & Rakernas PERPAMSI 2020

Tepatnya pada 29 – 30 Januari 2020 lalu, Persatuan Perusahaan Air Minum Indonesia atau PERPAMSI, menyelenggarakan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) dan Mapamnaslub (Musyawarah Antar Perusahaan Air Minum Nasional Luar Biasa) yang bertempat di PDAM Surya Sembada, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Selain dihadiri oleh direksi, pengurus, dan anggota dari PDAM di seluruh kota atau kabupaten yang ada di Indonesia, acara ini juga dihadiri oleh perusahaan, institusi, hingga lembaga yang menjadi Anggota Luar Biasa (ALB) PERPAMSI. Salah satunya adalah PT Bima Sakti Alterra yang hadir sebagai undangan sekaligus sponsor dalam acara tersebut. 

Bima Sakti Alterra merupakan anak perusahaan dari Alterra Indonesia yang fokus dalam melayani kebutuhan bisnis perusahaan dan organisasi seperti PDAM, pemerintah daerah, rumah sakit, dsb, melalui penyediaan teknologi yang dapat menunjang aktivitas operasional. 

PDAM Pintar, Produk Unggulan dari PT Bima Sakti Alterra

PDAM Pintar, Produk Unggulan Bima Sakti Alterra.

Dalam kaitannya dengan PDAM, Bima Sakti Alterra memiliki sebuah produk, yaitu PDAM Pintar yang didedikasikan khusus sebagai solusi dari penyediaan sistem informasi dan data PDAM yang terintegrasi secara digital. Mulai dari back office hingga front office, dengan menggunakan metode yang mengacu pada SAK ETAP (Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) untuk PDAM. 

Berdiri sejak tahun 2009, hadirnya PDAM Pintar dilandasi oleh empat kendala yang umumnya kerap dialami oleh PDAM di Indonesia, yaitu: 

  1. Sistem PDAM yang masih manual dan terpisah.
  2. Kesulitan dalam proses data administrasi dan membuat laporan.
  3. Kesulitan dalam menganalisis dan mendapat data yang valid. 
  4. Belum terhubung ke layanan pembayaran tagihan online. 

Dengan adanya empat kendala tersebut, tentunya akan sangat memengaruhi kinerja PDAM, baik secara internal maupun eksternal, dalam hal ini kualitas pelayanan kepada pelanggan. Oleh karena itulah, untuk mengatasinya, PDAM Pintar menyediakan 12 modul yang dapat membantu kinerja PDAM, yaitu: Dashboard, Baca Meter, Loket, Billing, Hublang, Perencanaan, Distribusi, PDAM Info, Gudang, Akuntansi, Personalia, dan Keuangan. Yang pasti, dengan harga berlangganan yang sangat terjangkau.

Layanan dan Modul PDAM Pintar

Modul tersebut juga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan masing-masing PDAM terkait. Kemudian, PDAM Pintar akan membantu mengintegrasikan modul hingga menjadi sebuah sistem yang dapat memberikan informasi data menyeluruh secara cepat, real time, dan akurat, baik kepada pelanggan, manajemen, dan semua pihak yang berkepentingan. 

Dalam menyosialisasikan layanan PDAM Pintar kepada seluruh PDAM di acara Rakernas & Mapamnaslub pada Januari lalu, Bima Sakti Alterra mengadakan acara Open House yang bertempat di Hotel Santika & juga Open Booth sebagai sponsor atau exhibitor yang bertempat di PDAM Surya Sembada, Surabaya. 

Ida Bagus Surya Sanjaya, Direktur Utama PT Bimasakti Alterra

“Mulai dari instalasi pengolahan air limbah, baca meter, dashboard untuk data, fitur tagihan dan pembayaran air, sampai ke support maintenance, PDAM Pintar sejauh ini bisa mengakomodir semua kebutuhan tersebut. Kami mau semua proses di PDAM jadi lebih mudah, sehingga akan menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi masyarakat, PDAM, dan daerah.” Jelas Ida Bagus Surya Sanjaya, Direktur Utama PT Bima Sakti Alterra. 

Selain menyosialisasikan layanan PDAM Pintar, acara Open House yang dihadiri langsung oleh para direksi dan manajemen PDAM dari berbagai wilayah ini juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus berdiskusi mengenai permasalahan apa saja yang saat ini dihadapi oleh PDAM. 

PDAM Pintar dan Direksi PDAM

Lewat terselenggaranya acara tersebut, manajemen Bima Sakti Alterra juga berharap ke depannya bisa bekerja sama sekaligus bersinergi dengan lebih banyak PDAM. Adapun saat ini, Bima Sakti Alterra melalui PDAM Pintar telah bermitra dengan lebih dari 80 PDAM dan juga swasta di Indonesia. PDAM Pintar dapat dihubungi melalui email ke [email protected] dan telepon di nomor telepon (0361) 413497.

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Intip Serunya Graduation Alterra Academy Batch 4!

Hello Alterrans! Bagaimana akhir pekan kalian kali ini? Apakah menyenangkan? Pastinya menyenangkan karena habis gajian, bukan??? Haha….   Di luar habis gajian, Alterra Academy juga sedang berbahagia, nih. Pasalnya tanggal 20 Februari 2020 kemarin, Alterra Academy baru saja melangsungkan wisuda untuk para mentee-nya yang tergabung di batch 4. Keseluruhan mentee yang tergabung dalam program Quality […]

Read More

Bahaya! Ini Efek Buruk Jika Duduk Terlalu Lama

Yang namanya pekerjaan pasti banyak macamnya. Ada pekerjaan yang membuat kamu beraktivitas di luar ruangan, tapi tidak sedikit juga yang mengharuskan para karyawannya untuk seharian bekerja duduk di depan komputer atau laptop. Padahal pulang kantor pun kamu langsung menghabiskan waktu dengan duduk bersama keluarga atau tiduran di kasur. Bisa dibilang aktivitas bergerakmu dalam sehari cukup […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.