fbpx
Dea Widya Hutami | 14 May 2020

Critical Thinking Itu Apa Sih?

Kalian pernah percaya enggak sih sama iklan pelangsing dan peninggi? Atau rumor yang bilang kalau kacang adalah penyebab utama timbulnya jerawat? Atau berita-berita hoaks yang sering muncul di media sosial? Banyak banget lho berita atau informasi di luar sana yang belum jelas kebenarannya, jadi jangan sampai kita terima informasi itu mentah-mentah.  Terus gimana sih caranya biar kita bisa memilah informasi yang harus kita percayai dan yang tidak?

Jawabannya adalah kemampuan berpikir kritis atau CRITICAL THINKING SKILLS!

 

Setelah masuk Alterra apalagi peranku sebagai Research Engineer, aku dituntut untuk bisa berpikir kritis dalam bekerja, contohnya melakukan analisis dari data yang dimiliki, dengan didukung oleh teori-teori yang sudah ada sebelumnya, sehingga dapat dibuatlah sebuah kesimpulan penelitian .Tapi ya hal itu terjadi secara alami aja ya gengs,  belum tahu kalo itu namanya critical thinking. Tp setelah mengetahui pengertian critical thinking seperti apa, aku jadi semakin bisa menerapkannya juga dalam kehidupan sehari-hari.

 

Apa itu Critical Thinking?

(Foto: Youtube)

Menurut Edward M. Glaser (2017), “critical thinking is an analysis of facts to form a judgment.”  Yaitu proses berpikir dengan melakukan analisis terhadap fakta-fakta yang ada untuk membuat sebuah penilaian. Aku sangat tertarik dengan konsep critical thinking yang dijelaskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yaitu Nadiem Makarim dalam podcast milik Deddy Corbuzier.

Mas Nadiem bilang kalau critical thinking bukan hanya dalam arti memecahkan masalah, tapi juga bagaimana kita punya kesadaran diri untuk melihat secara internal (dalam diri). Misalkan ada informasi dari luar atau keinginan kita yang impulsive, kita harus bisa “STOP” dulu nih informasi atau keinginan kita itu, kita filter dulu. Coba dipikirkan  “kenapa ya kita mau ngelakuin hal ini?” ini bener enggak sih? ini make sense enggak sih?. Jadi kita bisa tahu pro dan kontra dari informasi atau keingian kita tersebut.

Hal yang paling aku ingat dari penjelasan yang diberikan Mas Nadiem adalah kata-kata ‘Stop dulu”. Kata-kata tersebut dapat mengingatkan aku untuk melakukan proses critical thinking sebelum melakukan penilaian pada suatu informasi.

Nah, fakta-fakta yang menjadi bahan untuk analisis merupakan pencarian dari berbagai sisi. Gampangnya sih bayangin saja kita melihat informasi yang kita stop secara “bird’s-eye view”, sehingga kita bisa melihat angles yang lebih luas untuk menemukan fakta-fakta yang dibutuhkan. Fakta-fakta tersebut bisa kita dapatkan dari proses pencarian kita sendiri maupun didapatkan dari orang lain. Oleh karena itu, biasakan pula untuk bertanya agar kita bisa mendapat informasi yang lebih banyak.

 

Apa pentingnya Critical Thinking?

  • Peran media sosial sudah tidak usah ditanyakan lagi ya seberapa besar pengaruhnya di kehidupan kita sehari-hari. Di media sosial pula tak jarang jadi ajang orang-orang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita palsu atau hoaks. Tidak sedikit pula orang-orang terprovokasi pada berita palsu tersebut. Dengan adanya critical thinking, kita bisa lebih cerdas untuk menanggapi informasi-informasi yang kita terima. Sehingga kita menjadi pribadi yang tidak mudah dimanipulasi oleh orang lain. Jadi jangan sampai kita menerima mentah-mentah suatu informasi gengs.
  • Critical thinking juga membuat kita menjadi pribadi yang lebih open minded, karena kita melihat suatu informasi dari berbagai sisi, bukan dari sisi negatif saja ataupun dari sisi positif saja.
  • Kita bisa menjadi seseorang yang lebih percaya diri atas opini atau keputusan yang kita buat karena merupakan hasil dari proses berpikir yang kita lakukan sendiri. Bukan semata-mata memepercayai sesuatu dari orang lain atau ikut-ikutan orang lain saja.

 

Apakah kamu sudah melakukan Critical Thinking Skills?

Berikut adalah pertanyaan yang bisa kalian tanyakan pada diri sendiri, untuk menilai apakah selama ini kamu sudah berpikir kritis:

  • Apakah kamu tidak menelan bulat-bulat sebuah informasi?
  • Apakah kamu selalu mengecek sumber informasi?
  • Apakah kamu punya rasa penasaran untuk mencari bukti-bukti dalam memahami suatu informasi?
  • Apakah kamu selalu menimbang pro dan kontra terhadap suatu hal?

 

“Critical thinking skills ranked second out of the 10 Most Important Job Skills

Every Company Will Be Looking For In 2020 – Forbes, 2019”

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Cara Atur Keuangan Selama Ramadan Saat Pandemi

Jika biasanya bulan Ramadan diisi dengan keuangan yang ikutan bokek karena banyak acara buka puasa bersama, mungkin hal itu tak terjadi di bulan Ramadan tahun ini. Yup, di tengah pandemi kita tetap harus bersyukur bisa berbuka puasa bersama keluarga setiap harinya di rumah saja. Tapi ada juga yang malah menjadi bokek karena harus membeli persediaan […]

Read More

5 Rekomendasi Modem 4G Penunjang WFH

Sudah lebih dari satu bulan kita bekerja dari rumah atau work from home. Pandemi yang tak kunjung diketahui kapan selesainya, mendesak kita untuk menemukan pola baru bekerja di rumah. Memang dari segi pengeluaran, tentu anggaran transportasi dan jajan jadi berkurang. Tapi untuk beberapa orang mungkin bertambah karena pembelian kuota. Beberapa orang ternyata masih memanfaatkan personal […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.