fbpx
Ekky Patria Kencana | 3 Sep 2020

Cool + Labor + Ratio + N

Alterrans yang super keren!

Kolaborasi dalam bahasa inggris dinamakan dengan colaboration memiliki arti yang cukup mendalam. Kalau kita sedikit melihat ke dalam, colaboration terdiri dari kata:

Cool + Labor + Ratio + N
(hebat, tenang) (pekerja) (jumlah) (banyak)

yang artinya suatu kolaborasi dalam suatu organisasi akan dapat tercapai apabila setiap komponen (dalam hal ini orangnya) mau bersikap dengan tenang dalam menyikapi sesuatu dan berjiwa hebat dalam menerima sesuatu.

Alterra memiliki headquarter di Jakarta, dan beberapa kantor di kota-kota lain, seperti Malang, Jambi dan Bali. Dengan keanekaragaman lokasi kantor, terbatasnya intensitas untuk bertatap muka langsung antar anggota tim mempunyai tantangan sendiri supaya dapat menciptakan kolaborasi yang baik. Dari pengalaman penulis, 4 faktor berikut ini dapat meningkatkan terciptanya kolaborasi yang baik:

1. Mendengarkan dan Terbuka terhadap Pendapat Orang Lain

Kolaborasi bukan hanya mengenai memberikan sesuatu kepada orang lain, tetapi juga harus dapat mendengarkan dan mau menerima pendapat orang lain. Mulai dengan cara memperbanyak mendengarkan pendapat orang lain dan percaya bahwa mereka juga ingin memberikan kontribusi yang terbaik.

2. Perbanyak Komunikasi

Komunikasi merupakan komponen yang paling penting untuk menciptakan kolaborasi yang baik. Komunikasi tidak hanya melalui lisan saja, melainkan bisa dilakukan melalui chatting, video call, bahkan menggunakan email. Kenali opsi yang paling nyaman antara kamu dan lawan bicara supaya, dan lakukan dalam intensitas yang cukup

3. Hindari Micro Manage yang Berlebihan

Micro manage adalah sebuah gaya kepemimpinan dimana semua hal & keputusan diambil berdasarkan sudut pandang dari seorang atasan/manajer. Setiap pekerjaan yang diberikan akan diawasi langsung oleh atasan, dan ikut serta dengan mendalam di pekerjaan tersebut.

Sebagai contoh: ketika diberikan sebuah task A, B, dan C, dengan kondisi antara masing-masing task tidak ada keterkaitan satu sama lain dan tidak ada prioritasnya, maka dengan micro manage ini seorang atasan akan meminta supaya task A, B, dan C dikerjakan secara berurutan tanpa memberikan waktu kepada yang mengerjakan untuk mempelajari terlebih dahulu dan menanyakan pendapat dia terlebih dahulu.

Dengan gaya micro manage ini mungkin bisa saja mampu mencapai target sesuai dengan yang diharapkan, akan tetapi di sisi lain dapat menghambat potensi perkembangan tim, dan bisa jadi dapat meningkatkan stress untuk orang yang diberikan pekerjaan tersebut.

Untuk menciptakan kolaborasi yang baik, salah satu cara untuk menghindari micro manage yang berlebihan diantaranya adalah dengan cara memberikan kepercayaan penuh terhadap rekan tim untuk memanage setiap pekerjaan mereka sendiri. Jika ada kesempatan biarkan mereka mencoba untuk memimpin sebuah project, sehingga kita akhirnya kita mengetahui pendekatan seperti apa yang terbaik saat berkolaborasi dengan rekan kerja tersebut, dan di sisi lain kita dapat belajar juga sudut pandang mereka dan memperkaya diri untuk dapat menangani project lainnya nanti. 

4. Berikan Apresiasi

Keberhasilan mencapai suatu target itu pada prosesnya pasti telah melewati berbagai macam tantangan dan hambatan. Sebagai rekan kerja yang baik, terlebih jika kita berada di posisi sebagai atasan, alangkah lebih baik jika kita mengapresiasi hal tersebut. 

Sekurang-kurangnya ucapkan secara individu terhadap orang tersebut, atau lebih bagus lagi jika kita bisa ceritakan ke lingkup yang lebih besar lagi, seperti lingkup grup dimana rekan kerja tersebut berkontribusi bahkan ke lingkup seluruh rekan kerja Alterra. Di saat kita memberikan apresiasi, maka akan ada stimulus positif yang kita hembuskan, dan dengan apresiasi tersebut secara tidak langsung dapat memberikan energi baru untuk rekan kerja kita dalam menghadapi kerjaan di masa mendatang.

POPS memberikan wadah untuk menyampaikan apresiasi tersebut yang dapat digunakan oleh para Alterrans melalui PO-BOX

___________________________________________________________________________________________________

Sebagai penutup, penulis ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada mas Evan, sebagai manajer dari penulis, yang sudah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada penulis untuk memanage tim dan pekerjaan yang masuk. Terima kasih yang paling spesial untuk rekan kerja penulis, Mas Agus, Winda, Wawan, Ncis. Makasih semuanya, walaupun di sela-sela kesibukan masing-masing, kalian masih tetap berusaha untuk menjaga kekompakan tim, masih peduli satu sama lain. 

Penulis harap kita semua bisa menjaga performa kita, menjaga komunikasi dan kolaborasi kita. Yuk bersama-sama kita menjadi high-flyer di semester ini 😊

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Triannisa J.D. Anggreani

Bertumbuh bersama Alterra

“Tria, kamu itu terlalu pintar.” Kata-kata Mas Boy sukses membuat air mata yang sedang berusaha kutahan mengalir bebas. Adegan tersebut adalah cuplikan dari pengalamanku ketika menjalani training bootcamp di Sepulsa Lodge, Malang, 1 tahun 11 bulan yang lalu Perkenalkan! Namaku Triannisa, tapi biasanya di Alterra aku biasa dipanggil Tria, seorang Software Engineer di Alterra. Dulunya, […]

Read More

7 Alasan Bangga Menjadi ALTERRANS

Sepertinya angka 7 merupakan angka yang menarik. Seperti 7 Keajaiban Dunia dan 7 Hal Mengapa Bangga Menjadi Bangsa Indonesia dengan beraneka suku dan budaya, beragam bahasa, kekayaan alam yang melimpah, banyak destinasi wisata, terdapat lebih dari 16.000 pulau, kuliner tradisional yang menggugah selera hingga salah satu negara yang memiliki tempat keajaiban dunia. Namun Saya tidak […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.