Anatama Dhia Rachmah | 17 Dec 2020

Mari Mengenal ISO 27001

Seperti yang sudah teman-teman tahu, Alterra sudah berkali-kali mengikuti training ISO 27001 dan beberapa perusahaan di bawah naungan Alterra sudah memiliki standar manajemen keamanan informasi sesuai dengan ISO 27001. Tapi sebelumnya, teman-teman tahu nggak sih apa itu ISO 27001? Apa saja keuntungan dari menerapkannya dan manfaatnya untuk perusahaan kita?

Yuk simak penjelasannya!

ISO 27001 merupakan suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). Menerapkan standar ISO 27001 akan membantu organisasi atau perusahaan kamu dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). ISMS itu sendiri merupakan seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi dan untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi.

Nah, keuntungan dari menerapkan standar ISO 27001 ini adalah perusahaan kita dapat melindungi dan memelihara kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi dan untuk mengelola serta mengendalikan risiko keamanan informasi pada perusahaan kita.

Beberapa manfaat dari standar ISO 27001 untuk perusahaan kita, yaitu:

  1. Memberikan sebuah keyakinan dan jaminan kepada klien ataupun mitra dagang, bahwa perusahaan kita telah mempunyai sistem manajemen keamanan informasi yang baik sesuai standar internasional. Selain itu, ISO 27001 juga dapat digunakan untuk memasarkan perusahaan.
  2. Memastikan bahwa perusahaan kita memiliki kontrol terkait keamanan informasi terhadap lingkungan proses bisnisnya yang mungkin menimbulkan risiko atau gangguan.
  3. ISO 27001 meminta perusahaan kita untuk terus meningkatkan keamanan informasi perusahaan. Hal ini membantu kita untuk lebih menentukan jumlah keamanan yang tepat yang dibutuhkan untuk perusahaan. Sumber daya yang dihabiskan tidak terlalu sedikit, tidak terlalu banyak, tapi dalam jumlah yang tepat.

Jadi, itu kira-kira penjelasan singkat mengenai ISO 27001. Dengan adanya implementasi ini, perusahaan jadi mampu memiliki sebuah sistem pengelolaan informasi yang baik dan valid. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya.

Terima kasih!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Anatama Dhia Rachmah

Yuk, Mulai Menjaga Kerahasiaan Data Kita

Di permulaan tahun 2020, kita sempat dihebohkan dengan sebuah berita besar, yaitu terbongkarnya masalah pembobolan data oleh hacker terhadap salah satu e-commerce besar Indonesia. Berita itu menyedot perhatian banyak orang, terutama mereka yang khawatir datanya telah berhasil diretas dan kelak bisa disalahgunakan. Walaupun dari pihak e-commerce sudah menyatakan akan mengusut masalah ini sampai tuntas dan memberi […]

Read More

#RealStory Ep. 14: Kolaborasi yang Baik Menurut Evan Sujanto

Hi Alterrans, Kita sudah sampai di bulan terakhir di tahun 2020, nih. Tahun yang berat bukan cuma untuk kamu, tapi kita semua. Salah satu tantangan yang besar adalah ketika harus bekerja di rumah terus-menerus. Mungkin lamanya WFH ini membuat kita ada yang merasa burn out atau kolaborasi timnya menurun karena tidak bertatap muka. Tenang saja, di […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.