Andhika Nanang Permana | 6 Jul 2021

Pentingnya Penanganan Insiden Bagi Sebuah Perusahaan

Hallo Alterrans !

Kami dari tim Document Control, Pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengingatkan kalian kembali mengenai peran penting penanganan insiden bagi sebuah perusahaan. Sebelum kita bahas lebih jauh, Alterrans harus tahu terlebih dahulu, apa sih yang dimaksud dengan insiden.

Seperti yang teman-teman ketahui, bahwa setiap aktivitas bisnis pasti tidak akan terlepas dari yang namanya insiden. Mengapa demikian? Karena di dalam setiap aktivitas bisnis terdapat risiko yang mungkin terjadi, risiko yang terjadi dan menyebabkan dampak kerugian bagi perusahaan itulah yang biasa disebut dengan insiden. 

Lalu, bagaimana dengan Alterra?

Di Alterra sendiri, insiden didefinisikan sebagai suatu kejadian yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan yang mana kerugian itu dapat berdampak kepada satu atau lebih dari ke-empat kategori insiden seperti gambar di bawah ini:

Berdasarkan gambar di atas, diketahui bahwa ada 4 kategori dampak dalam insiden, yaitu Financial Loss, Legal/Compliance, Reputational Impact, Operational Impact. Dari 4 kategori tersebut, kita selanjutnya akan tahu bagaimana cara menentukan mana yang termasuk insiden atau bukan. Nah, apa sih, pentingnya penanganan sebuah insiden?

Berikut adalah 3 Poin penting mengapa kita harus menangani insiden yang terjadi

1. Untuk Mencegah insiden Serupa Terjadi di Kemudian Hari

Penanganan insiden harus dilakukan guna mencegah kejadian serupa terulang kembali. Dengan kata lain, sebuah insiden dapat dijadikan “lesson learned”. 

Yang namanya kesalahan kerja, kalau kita enggak dikasih tahu apa salahnya, mungkin kesalahan itu berpotensi untuk terus terjadi berulang kali. Nah, penanganan insiden ini dilakukan dengan tujuan supaya kesalahan kerja yang terkategorikan insiden tersebut bisa diidentifikasi dan dijadikan bahan pembelajaran agar kedepannya insiden yang sama tidak terjadi lagi.
Kamu enggak akan mau jatuh di lubang yang sama, kan? Penanganan atas insiden bisa membantu kamu untuk menghindari itu.

2. Meminimalisir Dampak Kerugian yang Diterima

Setiap insiden yang terjadi perlu ditangani dengan cepat dan tepat, hal ini dilakukan untuk memastikan dampak yang timbul dari suatu insiden dapat diminimalisir.

Misalkan kamu seorang admin yang bekerja untuk mengelola sebuah rekening bank yang menyimpan uang hasil penjualan. Suatu waktu, rekening itu berhasil diretas dan kemudian dilaporkan kamu kehilangan uang puluhan juta. Kira-kira apa, yang kamu lakukan? Apakah kamu berpura-pura tidak tahu? Apakah kamu langsung memblokir akun yang diretas?
Nah, adanya penanganan insiden ini adalah bertujuan untuk meminimalisir dampak kerugian yang kamu terima. Misalkan, kamu bisa langsung segera menutup rekening tersebut, ya, kan? Karena bisa saja jika kamu tidak segera memblokir rekening tersebut, uang yang hilang akan terus bertambah, atau mungkin dampak dari peretasan itu melebar ke banyak hal. 

3. Memastikan Bahwa Tindakan Perbaikan atau Corrective Action yang Dilakukan Sudah Sesuai (Membantu Dalam Mengidentifikasikan Tindak Perbaikan yang Dapat dilakukan)

Dalam penanganan insiden, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah mengenai implementasi atas corrective action.

Dari pertanyaan pada analogi di poin nomor 2, hal itu dapat menjadi jembatan bagi kita untuk akhirnya mencari jawaban dari sebuah insiden yang terjadi. Adanya penanganan insiden dapat membantu kita mulai dari mengidentifikasi dan menganalisa permasalahan hingga kemudian ditemukan kira-kira langkah perbaikan apa saja yang dapat dilakukan agar insiden itu akhirnya tertangani. 

Dalam penanganan insiden, ada dua jenis tindakan perbaikan, yaitu:

      • Quick Fix                     : Perbaikan cepat untuk meminimalisir dampak yang diterima
      • Future Improvement    : Perbaikan berkesinambungan untuk memastikan hal serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari

Dengan demikian, tim pengelola insiden harus memastikan bahwa corrective action telah benar-benar dilakukan. 

Cukup sekian informasi yang kami berikan mengenai insiden ya, Harapannya, teman-teman bisa lebih mengenal insiden lebih jauh lagi sehingga kedepannya bisa lebih aware lagi ketika terjadinya sebuah insiden. 

Semoga bermanfaat ya Alterrans !

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Pengalaman Kerja di Alterra Indonesia

Halo Kawan! Di sini saya akan menceritakan pengalaman kerja aku nih di Alterra. Semua tentu boleh membaca maupun mendengarnya! Siap sobat Alterrans? Hehe.. itulah panggilan semua yang bekerja di Alterra Indonesia, lho. Oh iya kita langsung saja ya ke cerita pengalamanku. Jangan lupa baca dengan sesantai mungkin hehe. Di mulai dari setelah kelulusan, sudah waktunya […]

Read More

#RealStory: Kiat Meraih Kepercayaan Customer dari Rahayu Suwarno

Hi Alterrans, Kembali lagi di episode terbaru #RealStory, nih. Kali ini tim KAMIS kembali mewawancarai salah satu leader perempuan di Alterra. Tak lain dan tak bukan adalah, Rahayu Suwarno atau yang biasa dipanggil Ayu. Nah salah satu topik yang kita bahas di episode kali ini adalah bagaimana kiat-kiat Mba Ayu dalam membangun komunikasi dan kepercayaan customer. Penasaran gimana […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.