fbpx
Edo Aditya Novendy | 20 May 2020

#RealStory Ep.2: Bincang Singkat Bersama Rendy Aries Fajrin

Halo Alterrans!

Kali ini saya berbincang sedikit bersama Rendy Aries Fajrin, People Catalyst Lead yang juga merupakan seorang Scrum Master. Lima pertanyaan yang mewakilkan masing-masing value berhasil saya tanyakan kepada Rendy. Sebuah bincang seru yang rasanya sayang untuk tidak dibagikan. Mari simak sama-sama!

Q: Selama bekerja di Alterra, inovasi apa saja yang sudah pernah Rendy wujudkan dan bagaimanakah kisah perjuangannya?

A: Salah satu inovasi yang sudah diwujudkan adalah membuat Fritime Circle di Alterra Malang. Suatu event di mana setiap sesi Fritime yang dilakukan hari Jumat sore, teman-teman berkumpul secara melingkar (circle) untuk melakukan aktivitas seru seperti bermain games. Hal ini bertujuan untuk menjalin keakraban, terutama yang ada di kantor Lompobatang dan Tambora Malang. Ada tantangan pastinya terkait bagaimana mengumpulkan Alterrans yang cukup banyak. Bagaimana mengajak mereka mau berkumpul selama satu jam untuk ikut Fritime circle? Tapi berkat kolaborasi dengan teman-teman POPS Malang dan tentunya feedback dari para Alterrans, event ini telah dilaksanakan dua kali di kantor Lompobatang maupun Tambora.

 ___________________________________________________________________________________________________

Q: Adakah kisah hebat yg dilakukan Rendy dalam memuaskan para customer atau stakeholder? 

A: Pada saat itu saya memfasilitasi salah satu tim untuk menginspeksi proses Scrum. Berdasarkan hasil observasi dari para development team, dan perubahan struktur organisasi serta dinamika visi produk yang dikembangkan, perlu adanya seluruh anggota tim Scrum untuk berbincang secara langsung. Dengan kondisi tim yang terpisah jarak antara Jakarta dan Malang, sesi tersebut akhirnya dilaksanakan di kantor Malang dan membahas mengenai visi tim dan produk terkait, agreement proses Scrum untuk setiap produk, dan juga agreement cara kerja tim agar lebih efektif.

Selain itu, saya juga memfasilitasi tim Scrum lain terkait improvement terhadap kolaborasi anggota tim Scrum dan cara kerja melalui Sprint Fun Restrospective, sehingga tim Scum bisa transparan dan terbuka memberikan saran perbaikan, agar lebih bahagia, nyaman, dan ekfetif dalam memakai cara kerja Scrum.

___________________________________________________________________________________________________

Q: Apa saja hal yg sudah atau akan dilakukan Mas Rendy sehingga dapat membentuk tim yg kompak dan solid?

A: Ada tiga hal penting di sini:

  • Membangun komitmen bersama tim melalui Daily Morning Team selama 15 menit untuk selalu menyampaikan weekly goal dan sync up apa yang bisa tim saling bantu satu sama lain.
  • Empower dan encourage tim untuk selalu berkembang dengan lebih banyak memberi kesempatan meningkatkan skill dan exposure tim.
  • Melakukan retrospective tim untuk mendapatkan feedback baik apresiasi maupun saran perbaikan secara berkala dalam hal komunikasi dan kolaborasi.

___________________________________________________________________________________________________

Q: Menurut Rendy, hal atau kebiasaan apa saja yang bisa menginspirasi Alterrans agar bisa lebih maju dan berkembang lagi?

A: Pengalaman sebagai seorang Scrum Master dalam tim, dan juga sebagai seorang People Catalyst yang tentunya banyak berinteraksi dengan Alterrans dari berbagai divisi dengan berbagai macam karakter, dan keunikan secara personal, menurutku ada 2 hal yang bisa dipelajari.

Yang pertama be mindful and positive. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda, termasuk cara dia melihat suatu hal. Ketika berinteraksi tentu kita menemukan sudut pandang yang berbeda, namun kita tidak bisa langsung menilai dan menganggap dia salah. Dengan lebih banyak aktif mendengar dan meyakini setiap orang memiliki tujuan positif, membantu kita untuk lebih banyak memahami orang lain.

Yang kedua adalah having growth mindset. Meyakini setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, salah satu cara untuk terus bisa tumbuh adalah dengan melalui feedback. Dengan membangun mindset ini, sangat membantu kita untuk terbuka terhadap saran dari orang lain, bahwa selalu ada ruang untuk perbaikan. Selain itu juga agar tersadar akan hadirnya blindspot yang hanya orang lain yang bisa melihat. Selain menerima feedback, kita juga harus aktif memberikan feedback kepada orang lain. Dengan begitu kita bisa selalu memvalidasi observasi kita terhadap orang lain, sehingga orang lain pun bisa terus bertumbuh.

___________________________________________________________________________________________________

Q: Terakhir, adakah pesan, kesan, apresiasi, atau saran yg ingin disampaikan kepada tim member atau bahkan untuk Alterrans?

A: Terima kasih dan salut untuk Alterrans yang berkolaborasi cross functional, sehingga membantu Alterra tetap on track bahkan melebihi target dari sisi tujuan bisnis. Melihat semakin tumbuhnya perusahaan baik dari sisi jumlah Alterrans, dan pengembangan produk yang semakin beragam, kebutuhan menjaga dan membangun budaya cara kerja dan kolaborasi yang baik antar setiap Alterrans sangat penting.

Feedback yang dilakukan secara konsisten dalam hal bagaimana kita bekerja sebagai tim, meningkatkan skills serta menggali potensi setiap Alterrans dengan cara terbuka dan transparan ini, menjadi kunci membangun tim yang adaptif. Hal ini juga menjadi cara yang tepat untuk membentuk Alterra sebagai perusahaan dengan high performing culture.

 

Nah, itu dia hasil wawancara saya bersama Rendy. Semoga bermanfaat!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

#RealStory Ep.1; Inovasi dari Pandangan Ananto Wibisono

Halo Alterrans, Kali ini KAMIS datang dengan rubrik terbaru. Yup, rubrik kali ini akan berjudul #RealStory. Di mana, secara berkala tim KAMIS akan mempublikasikan hasil wawancara bersama Alterrans yang mengacu pada values Alterra. Hayoo.. sudahkah kalian hapal dengan 5 values terbaru Alterra? Kalau belum berikut ini adalah 5 values Alterra:   Customer Focus, Champion, Innovation, Integrity, Collaboration.    Sudahkah kalian […]

Read More

Critical Thinking Itu Apa Sih?

Kalian pernah percaya enggak sih sama iklan pelangsing dan peninggi? Atau rumor yang bilang kalau kacang adalah penyebab utama timbulnya jerawat? Atau berita-berita hoaks yang sering muncul di media sosial? Banyak banget lho berita atau informasi di luar sana yang belum jelas kebenarannya, jadi jangan sampai kita terima informasi itu mentah-mentah.  Terus gimana sih caranya […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.