Ghea Rianty | 17 Dec 2020

Bantu Pemerintah Provinsi DKI, Startup Alterra Rilis Aplikasi “Personal Activity Tracker” untuk Monitoring Pasien Covid-19

Sejak awal 2020 hingga kini, pandemi Covid-19 masih merebak di Indonesia. Setiap harinya, jumlah pasien positif masih terus naik dan telah mencapai lebih dari tiga ratus ribu kasus di Indonesia. Begitu juga dengan Provinsi DKI Jakarta, dikutip dari situs corona.jakarta.go.id, data per 3 Oktober 2020 menunjukkan bahwa terdapat  77.000 kasus positif di DKI. 

Melihat kondisi ini, perusahaan teknologi Alterra berinisiatif dan berupaya mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pemerintah melakukan pemantauan (monitoring) pasien Covid-19, yaitu Personal Activity Tracker by SmartPresence. SmartPresence adalah salah satu produk dari Alterra yang awalnya didesain sebagai sistem absensi online berbasis cloud yang dapat digunakan untuk segala jenis bisnis.

Untuk menjawab kebutuhan di tengah pandemi, Alterra mengembangkan SmartPresence Personal Activity Tracker (pelacak gerakan personal) yang dapat membantu pemerintah serta fasilitas kesehatan (faskes) dalam mengatasi pandemi.

Personal Activity Tracker dari SmartPresence dapat digunakan pada pasien dengan  kriteria kontak erat, suspek, atau probable. Pasien dengan kriteria tersebut, harus melakukan isolasi terkendali dan terpantau kondisinya oleh tenaga kesehatan yang ada di puskesmas atau faskes. Berbeda dengan aplikasi tracking Covid-19 lainnnya, data pasien yang melakukan isolasi terkendali terintegrasi langsung dengan Sistem Pelaporan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta.

Pasien yang telah terdaftar pada aplikasi akan terhubung dengan puskesmas di kecamatan tempat pasien tinggal. Secara rutin tiap harinya, tenaga medis yang ada di puskesmas dan pasien dapat berkomunikasi melalui aplikasi ini untuk melaporkan kondisi. Dengan begitu, akan terjalin komunikasi dua arah antara pasien dan tenaga medis sehingga bisa memudahkan pendataan, mengecek riwayat kesehatan, hingga menampilkan data persebaran kasus Covid-19 yang akan berguna bagi pemerintah.

Personal Activity Tracker memiliki 4 fungsi utama, yaitu:

  1. Dapat mendata dan melacak keberadaan terduga, pasien, petugas dan relawan medis dalam Kasus Suspek, Kasus Konfirmasi, dan Kontak Erat
  2. Dapat  digunakan pasien untuk check in harian/melaporkan kondisinya 3 sampai 5 kali sehari dengan teknologi pemindai wajah dan lokasi
  3. Memonitor secara real time dan mencatat histori status pasien Covid-19
  4. Pasien dapat melakukan live chat dengan faskes mengenai kondisi kesehatan terkini

Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov DKI) menyambut baik inisiatif ini. Melalui PKS antara Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Alterra yang ditandatangani pada pertengahan September 2020 lalu, Pemprov DKI telah menyetujui penerapan aplikasi Personal Activity Tracker pada pasien Covid-19 di faskes DKI.

Hingga saat ini, Personal Activity Tracker telah digunakan di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara, serta mencakup 13 puskesmas dan rumah sakit binaan Pemprov DKI.

“Kami dengan senang hati menyambut kolaborasi bersama Alterra. Dengan adanya aplikasi ini, puskesmas dapat dengan mudah berkomunikasi dengan pasien dan memantau kondisi pasien. Pasien dapat memanfaatkan fitur laporan mandiri dan chat untuk melaporkan kondisi kesehatannya. Harapannya dengan aplikasi ini, pemantauan untuk pasien yang sedang melakukan isolasi terkendali lebih mudah untuk dipantau,” ujar dr Widyastuti MKM, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Alterra bersama Dinas Kesehatan DKI Jakarta secara bertahap melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Personal Activity Tracker kepada sejumlah faskes di DKI. Selain itu, dibentuk juga grup chat bersama faskes untuk memudahkan komunikasi terkait aplikasi ini.

“Kami juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, khususnya Dinas Kesehatan atas kerja sama, sambutan baik, dan tindak lanjut yang memungkinkan inisiatif yang dilakukan oleh Alterra ini terlaksana.

Kami sudah mendengar banyak laporan mengenai dampak positif pelacakan dan pelaporan menggunakan aplikasi ini di beberapa puskesmas di Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Kami berharap inisiatif ini dapat membantu menekan penyebaran Covid-19 dan memberikan rasa aman bagi para pengguna dan masyarakat pada umumnya. Di luar kerja sama dengan Jakarta, Alterra juga siap membantu daerah-daerah lain untuk mengimplementasikan Personal Activity Tracker ini untuk penanganan Pandemi COVID-1” ujar Muhammad Badarudin, Principal Director of Alterra.

Bagi institusi atau pemerintah daerah lainnya yang ingin menjalin kemitraan atau ingin mendapat informasi detail terkait SmartPresence dan aplikasi Personal Activity Tracker, silakan kunjungi laman berikut ini: smartpresence.id/personal-activity-tracker-by-smart-presence/

Pertanyaan lebih lanjut mengenai SmartPresence maupun Alterra dapat ditujukan  langsung melalui email ke [email protected] atau telepon ke nomor (0361)-4785050.


Alterra adalah perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia yang berfokus pada ekosistem billing (transaksi dan tagihan) serta teknologi pembayaran. Dalam layanannya, Alterra menyediakan sebuah innovative platform yang menghubungkan semua pemilik tagihan (bill issuers), digital commerce, dan juga end-users.

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Muhammad Ariqy Raihan

Apa, sih, SOP dan Policy itu?

Halo, Alterrans! Perkenalkan, saya dari tim Document Controller. Di artikel ini, saya ingin membagikan sebuah informasi perihal kenapa, sih, Alterra sekarang mulai mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur dalam kegiatan kerja kita di kantor.  Jadi, kebijakan dan prosedur merupakan salah satu bentuk implementasi dari Good Corporate Governance (GCG) dalam sebuah perusahaan. Mungkin di sini, ada yang mulai […]

Read More
Anatama Dhia Rachmah

Mari Mengenal ISO 27001

Seperti yang sudah teman-teman tahu, Alterra sudah berkali-kali mengikuti training ISO 27001 dan beberapa perusahaan di bawah naungan Alterra sudah memiliki standar manajemen keamanan informasi sesuai dengan ISO 27001. Tapi sebelumnya, teman-teman tahu nggak sih apa itu ISO 27001? Apa saja keuntungan dari menerapkannya dan manfaatnya untuk perusahaan kita? Yuk simak penjelasannya! ISO 27001 merupakan […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.