Audi Fristya

Mau Jalan-Jalan? Simak 5 Tips Traveling Hemat Berikut Ini

Siapa sih yang enggak suka jalan-jalan? Traveling bisa jadi aktivitas healing yang manjur banget! Makanya banyak perusahaan yang menganjurkan karyawannya mengambil cuti untuk rehat sejenak. Jadi pekerja keras itu bagus, tapi kamu juga harus sadar akan kesehatan fisik dan mentalmu. Jangan sampai kamu justru menjadi sakit karena terlalu banyak bekerja. Semua itu harus seimbang.

Selain suka terhalang dengan hari cuti yang sudah habis, dari segi finansial juga harus kamu perhitungkan, nih. Tapi mendapatkan rasa puas dan kebahagiaan saat traveling itu tak harus mengeluarkan uang banyak. Kamu bisa banget untuk meminimalisir pengeluaran. Ada beberapa tips traveling hemat yang bisa kamu pada artikel ini. Simak sampai selesai ya!

 

Tips traveling hemat

(Foto: Pexels)
  1. Jangan bepergian saat musim liburan

Ketika kamu masih single tentu kamu bisa memilih waktu cuti kapan saja, asalkan tidak bertabrakan dengan dateline pekerjaan kantor. Bagi orang yang sudah bekeluarga, mungkin kamu harus menyesuaikan dengan hari libur sekolah, agar sang anak pun tetap bisa ikut.

Namun, kunci traveling hemat yang pertama ialah, jangan bepergian saat musim liburan. Musim liburan atau yang sering disebut juga sebagai high season, akan membuat semua harga penginapan hingga transportasi melonjak naik.

Pastikan untuk memilih tanggal low season. Selain itu, kamu pun dijamin akan lebih menikmati perjalanan. Karena biasanya tempat pariwisata pun akan lebih sepi jika dibandingkan saat high season.

  1. Lupakan hotel bintang lima, menginaplah di hostel

Tentu semua orang ingin menginap di hotel bintang lima, khususnya saat liburan. Tapi dengan pelayanan kelas satu, tentu dibarengi dengan harga yang tak murah.

Seiring berjalannya waktu, kini pun banyak hostel yang sudah memiliki pelayanan hotel berbintang. Bahkan hostel tersebut pun dilengkapi dengan desain interior yang menarik dan bahkan instagramable!

Jadi jauhkan pikiran bahwa hostel itu adalah tempat penginapan yang kurang layak ya. Kini banyak kok hostel harga murah yang bersih, nyaman, dan pelayanannya cukup baik.

  1. Kejar promo!

Saatnya menjadi pengejar promo! Kini banyak promo menarik tak hanya hadir untuk tiket penerbangan saja. Kamu juga bisa menemukan promo diskon untuk tiket bus atau tiket kereta.

Yang penting tentukan terlebih dahulu jenis transportasi yang akan kamu gunakan. Jika destinasi hanya bisa ditempuh menggunakan pesawat, baiknya mulailah untuk mengejar promo maskapai penerbangan dari jauh-jauh hari.

Pada waktu-waktu tertentu pun diskon bisa besar-besaran. Perhatikan tanggal-tanggal cantik, hingga tanggal ulang tahun maskapai tersebut. Karena biasanya pada tanggal tersebut maskapai memberikan diskon menarik. Jika destinasi bisa ditempuh menggunakan kereta atau bus, ada baiknya untuk memilih salah satu dari kedua transportasi ini saja.

Kenapa? Ya tentu karena harganya lebih murah. Meskipun perjalanan lebih lama ditempuh, tapi anggaplah sebagai aktivitas untuk memanjakan mata. Karena biasanya perjalanan menggunakan kereta atau bus akan melewati berbagai pemandangan indah.

  1. Usahakan untuk meminjam peralatan saja

Ketika berlibur tentu kamu membutuhkan berbagai peralatan. Dari koper, coat jika destinasimu memiliki cuaca yang dingin, hingga peralatan outdoor. Agar lebih berhemat, jangan beli peralatan tersebut.

Usahakan untuk meminjam saja kepada teman-temanmu yang memiliki berbagai peralatan tersebut. Karena barang-barang itu tentu tidak akan sering dipakai. Jadi sepertinya agak sayang kalau harus membeli.

Baca juga:

  1. Bawa pembekalan dari rumah

Saat liburan tentu mencoba makanan baru jadi kegiatan yang tidak boleh terlewa. Tapi jangan sampai karena lapar mata, akhirnya pengeluaran pun jadi berlebih dari bujet yang sudah ditentukan.

Untuk itu, kamu bisa menghemat dengan membawa pembekalan dari rumah. Kamu bisa membawa mie instan, hingga lauk-lauk yang tahan lama, misalnya, rendang atau kripik kentang.

Tapi patut diketahui kalau destinasimu keluar negeri, sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu peraturan yang berlaku di negara tersebut. Banyak traveller yang sudah membawa pembekalan tapi malah tertahan di bandara. Sayang kan?

 

Nah, dari keseluruhan tips di atas kira-kira apakah kamu sudah melakukannya? Jangan lupa juga untuk mengambil jatah cutimu sebelum hangus ya!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Audi Fristya

Ini Alasan Kenapa Millennials Cocok Berinvestasi Reksa Dana

Investasi itu harus mulai dari usia dini. Ayo, sudah bukan saatnya untuk menghabiskan uang dan menjadi boros. Kamu sudah harus “melek” finansial untuk keperluan masa depan. Tak hanya saat mau menikah atau saat sudah berkeluarga saja, kamu justru harus mempersiapkan investasi dari sekarang. Hal ini karena hasil dari investasi biasanya baru terlihat setelah beberapa waktu. […]

Read More
Apulina Priska

Kerja Jarak Jauh? Asyik, Kok!

Hai, aku Lina, salah satu Alterrans yang bekerja di kantor Malang. Sebelum bergabung di Alterra sebagai Performance Specialist, aku merupakan alumni Alterra Academy pada program Quality Engineer. Setelah lulus dari Academy, memang para alumni diwajibkan mengikuti kontrak kerja selama satu tahun dengan penempatan awal di Malang. Namun tantangan untuk diriku bertambah satu lagi dibandingkan teman-teman […]

Read More