fbpx
Maria Carolina Yuaniar | 16 Dec 2019

Alterra punya Research Team, Lho!

Hai Alterrans, di tulisan ini aku bakal menjelaskan mengenai detail apa saja yang ada di Research Team Alterra. Eitss… sebelumnya kenalan dulu yuk dengan para researcher yang ada, untuk yang berbasis di Jakarta ada Kartika Andiani. Sedangkan, untuk yang berbasis di Malang ada Dea Widya Hutami dan saya sendiri, Maria Carolina Yuaniar.

 

Apa sih tugas dari Research Team? 

(Foto: Pexels)

Tugas research team (RT) adalah melakukan penelitian yang lebih mendalam khususnya dalam penelitian kualitatif untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi atau untuk memenuhi rasa ingin tahu. Tahukah kamu kalau RT selalu menggunakan metode penelitian yang valid dan memiliki standar operasional disesuaikan dengan kondisi data yang sedang diteliti. Metode penelitian yang dilakukan dapat berupa analisa persentase maupun analisa statistika. Selain hasil analisis yang valid dan benar, RT juga dapat menginterpretasikan output data dan memberikan saran berdasarkan output data yang telah diteliti.

 

Penelitian apa aja yang sudah dihasilkan oleh Research Team?

Research team selama 8 bulan di Alterra, sudah dapat menghasilkan 4 penelitian dan 1 penelitian yang masih dalam proses penelitian, berikut daftar penelitian yang telah selesai dilakukan :

  • Penelitian pertama tentang “Online Onboarding” yang menghasilkan data bahwa onboarding online 4 kali lebih efektif daripada onboarding offline dan menghemat waktu 1 jam 21 menit untuk satu sesinya.
  • Penelitian kedua tentang “Treatment Implementation” yang menghasilkan data bahwa treatment yang diterapkan dapat meningkatkan kesadaran dan velocity yang konsisten, mengurangi volatility hingga 50%, dan meningkatkan deliverability hingga 100%.
  • Penelitian ketiga tentang “Recipe to Build a Great Team” yang menghasilkan data bahwa faktor tingkat pendidikan akhir dan treatment leader dapat memengaruhi efektivitas kerja dan kecepatan karyawan baru untuk berkontribusi di tim.
  • Penelitian keempat tentang “Determinants of Mobile Prepaid Transactions” yang menghasilkan data bahwa 54% dari hasil menunjukkan harga jual itu berpengaruh negatif terhadap transaksi (tidak mendukung).

 

Lalu, apa yang bisa Research Team bantu untuk Alterrans? 

Research team dapat membantu melalui penelitian untuk memberikan data dan saran sebagai dasar Alterrans membuat keputusan dengan tepat, permintaan data dapat dilakukan melalui request data ke research team. Tidak hanya membantu dalam memberikan data yang valid dan benar, research team juga dapat membantu Alterrans dalam mendokumentasikan hasil uji coba yang pernah dilakukan selama bekerja di Alterra.

Hal ini bertujuan untuk mendukung share knowledge Alterrans. Kedua projek ini bertujuan untuk membentuk budaya di Alterra bahwa setiap keputusan harus didasari dengan data dan juga untuk meningkatkan kesadaran terhadap keinginan untuk berbagi informasi.

 

Ingin membuat keputusan tapi ragu-ragu untuk memutuskannya karena gak ada data? Atau ingin berbagi informasi mengenai uji coba yang pernah dilakukan selama bekerja di Alterra tapi tidak tahu harus lewat mana? Datanglah ke research team, para researcher Alterra akan berikan solusinya!

 

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Apa Sih Keuntungan Memiliki Asuransi Perjalanan?

Banyak orang yang tentu malas harus membayar lebih untuk asuransi perjalanan. Pasalnya banyak yang belum teredukasi dengan baik, sehingga orang tersebut pun merasa belum membutuhkan asuransi perjalanan. Kebanyakan orang hanya tahu asuransi perjalanan hanya difokuskan pada perlindungan akan risiko kecelakaan saat perjalanan. Tapi pada faktanya, manfaat yang akan kamu dapatkan jauh lebih banyak dari sekedar […]

Read More

Jadi Barang Penting, Ini Tips Merawat Earphone dengan Mudah

Selama bekerja barang apa yang berada di sampingmu dan selalu kamu bawa. Tentu selalu laptop dan dokumen yang wajib kamu bawa saat kerja, rasanya kurang lengkap jika bekerja tanpa mendengarkan musik. Apakah kamu salah satu orang yang bekerja sambil mendengarkan musik menggunakan earphone setiap harinya? Nah, agar lebih awet tentu kamu harus tahu cara merawat […]

Read More
×

How Can We Help You?

Silakan hubungi kami melalui kolom di bawah ini untuk pertanyaan seputar Alterra.