Audi Fristya

Jadi Barang Penting, Ini Tips Merawat Earphone dengan Mudah

Selama bekerja barang apa yang berada di sampingmu dan selalu kamu bawa. Tentu selalu laptop dan dokumen yang wajib kamu bawa saat kerja, rasanya kurang lengkap jika bekerja tanpa mendengarkan musik. Apakah kamu salah satu orang yang bekerja sambil mendengarkan musik menggunakan earphone setiap harinya? Nah, agar lebih awet tentu kamu harus tahu cara merawat earphone dengan benar. Apalagi barang kecil satu ini selalu kamu bawa setiap harinya. Selain jangan hilang, perhatikan juga cara merawatnya berikut ini ya!

Tips merawat earphone dengan mudah

(Foto: Pexels)
  1. Rapikan dan gulung kabel earphone dengan rapi

Permasalahan yang sering terjadi pada earphone adalah terjadi kerusakan pada bagian kabel. Memang hal ini juga terjadi pada kabel charger, yang memang sangat rentan rusak. Maka dari itu, hal yang harus kamu lakukan untuk merawat earphone adalah dengan merapikan dan menggulung kabel earphone dengan rapi.

Menggulungnya pun tidak boleh sembarangan, lho. Ikuti beberapa cara ini ya:

  • Gunakan tiga jari tengahmu, lalu gulungkan kabel memutari ketiga jari tersebut.
  • Gulung kabel hingga tersisa 10cm.
  • Perlahan lepaskan ketiga jarimu.
  • Pegang gulungan kabel dengan dua jari, hingga ada bolongan pada bagian tengah kabel.
  • Gunakan sisa kabel yang tidak tergulung untuk mengikat kabel yang sudah digulung.
  • Masukkan bagian ujung earphone pada bagian tengah gulungan tersebut.

Kalau masih bingung, coba klik di sini ya.

  1. Hindari volume maksimal

Selain bisa merusak gendang telinga jika mendengarkan musik terlalu kencang, ternyata ketahanan earphone juga bisa berpengaruh oleh volume ketika kamu menggunakannya.

Hindari penggunaan volume maksimal ketika mendengarkan lagu. Hal ini karena volume yang maksimal terus-menerus bisa membuat komponen earphone lebih rentan rusak. Selain itu suara yang dikeluarkan pun menjadi tidak jernih lagi karena hal tersebut.

Bagaimana mencari tahu bahwa earphone kamu sudah terlalu sering dipakai dengan volume terlalu kencang? Coba kamu perhatikan apakah ketika kamu mendengarkan musik, suara terdengar dari luar meskipun sudah dengan volume kecil? Itu tandanya earphonemu sudah “bocor.”

Jangankan earphone-mu tentu kalau volume terlalu kencang, lama kelamaan bisa merusak telingamu. Efeknya bisa megurangi kepekaan telinga pada suara-suara pelan. Tidak mau kan hal ini terjadi padamu? Jadi, mulai dengarkan musik dengan volume normal saja ya!

Baca juga: Kerja Kerus Tapi Santuy

  1. Mengeringkan telinga dan jauhkan dari air 

Barang elektronik ketika bertemu dengan air ya tentu akan menjadi rusak. Karena earphone tergolong kecil, banyak yang tidak memerhatikan ini. Jauhkan earphone dari bentuk air apapun agar tidak konslet.

Kamu pun ada baiknya untuk membersihkan telinga sehabis mandi atau terkena hujan. Pastikan telinga benar-benar bersih dan kering saat mengenakan earphone ya.

 

Ketiga tips di atas tentu mudah untuk dilakukan, bukan? Setelah membaca ini jangan lupa dipraktekkan ya!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Audi Fristya

Pengumuman Pemenang Kompetisi KAMIS!

Hello, Alterrans! Akhirnya berakhir juga kompetisi KAMIS kali ini. Terima kasih kepada 24 peserta yang telah berpartisipasi. Setelah menimbang dengan cukup berat, akhirnya panitia pun berhasil mendapatkan 3 pemenang dengan tulisan terbaik.   Siapa sajakah ketiga pemenang tersebut?   Apakah kamu salah satu diantaranya?   *Drum roll please*      Selamat ya kepada para pemenang […]

Read More
Fajri Romadon

I Know You, But You Don’t Know Me. You Know Me, But I Don’t Know You

Kutuliskan kenangan tentang caraku menemukan dirimu.. Well, gue bukan mau menulis puisi ataupun diary, bukan juga menulis lirik lagu ataupun surat cinta. Gue hanya ingin bercerita atau bisa dibilang berbagi pengalaman apa yang gue rasa. Sebenarnya dari kalimat di awal tadi juga akan menghubungkan apa yang gue tulis di sini. You know what? It means, […]

Read More