Donny Kurniawan

Kehidupan di Alterra

Halo semua, perkenalkan namaku Donny Kurniawan, biasa dipanggil Inod, Nod, dan lain-lain. Seperti yang kalian tahulah, ya, aku ini bekerja sebagai Software Engineer di Alterra. Ya, terkadang bagi orang awam tidak mengerti apa itu Software Engineer, oleh karena itu kadang aku mengatakan bahwa aku hanya tukang ketik. Anyway, sebelum aku masuk Alterra aku bekerja sebagai “Freelance Software Engineer”. Di sini aku akan menceritakan sebuah pengalaman “life at Alterra”. 

Sebelumnya aku telah mengenal beberapa tipe “development process”. Tapi semua berubah ketika aku masuk ke Alterra ini. Awalnya aku pikir kerja seperti biasanya di perusahaan korporat, harus langsung bisa, sistem kerja yang strict, dan lain-lain, tapi ternyata semua berbeda dengan yang kubayangkan. Saya masih ingat waktu awal-awal bekerja di Alterra, semua diberikan waktu “probation” atau yang biasa disebut “training”. Semua orang pasti mengerti apa yang dipikirkan karyawan baru, yaitu “bagaimana saya lolos”, “bagaimana saya diterima”, dan lain-lain. Di sini, selain kita diberikan task soal programming, karwayan juga diperbolehkan research dan development. Selain itu, banyak benefit yang kita dapatkan seperti camilan, hari buah, hari susu, hari roti, dan lain-lain. Ah, indahnya jadi programmer, hehe.

Setelah 3 bulan aku menjalani masa probation, akhirnya aku diterima dan ditempatkan di tim Sabertooth, yaitu tim yang menangani dan memfasilitasi IT ke team Ops perusahaan ini. Banyak pengalaman yang aku dapatkan pada saat bekerja di sebuah perusahaan startup. Terutama memberikan kebebasan pada karyawannya dalam research sebuah teknologi, management skills, communication skills, dan lain-lain. Yah, bekerja di sebuah startup memang membuat kita grow lebih cepat daripada bekerja di perusahaan korporat. Sebuah kalimat yang saya tanamkan pada diri saya, “everyone needs process”, dan sepertinya saya merasa cocok bekerja di perusahaan ini. Saya berharap makin banyak perusahaan IT yang memiliki visi seperti ini.

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Mugh Dzin Syah

How I Enjoy My Work at Alterra

Alhamdulillah sekarang ini aku dapat bekerja sebagai salah satu Software Engineer di PT. Alterra, suatu perusahan yang bergerak di bidang teknologi yang semoga menjadi perusahaan terbaik di indonesia yang menangani billing system. Sebelumnya, tak pernah terlintas di pikiranku untuk bekerja di dunia IT apalagi sebagai Software Engineer, itu sungguh merupakan challenge yang cukup besar bagiku […]

Read More

Life at Alterra (Academy)

“Fik, lo tahu ga kenapa gue ngajak lo ngobrol sekarang?” Bang Mael bertanya dengan suara yang dalam. “Tahu, Bang. Nilai live code gue jelek, kan?” jawabku. Bang Mael melanjutkan, “Iya. Lo tahu, kan, apa artinya kalau nilai live code berikutnya enggak masuk?” “Iya, Bang. Gue bakal dieliminasi dari Alta,” jawabku setengah putus asa.   Percakapan […]

Read More