Sri Rahayu

Kerja Sambil Belajar itu Asyik Lho!

Halo Alterrans, perkenalkan nama saya Sri Rahayu, biasa dipanggil Ayu. Saya bergabung di divisi Product and Digital Marketing sebagai Product Data Analyst sejak bulan Januari 2019. Sebelum bergabung di Alterra, informasi paling banyak yang saya dapat ialah Alterra merupakan tempat kerja yang lingkungannya nyaman dan kondusif untuk berkembang. Benar enggak ya? Hehe. Nah, di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya saat awal bergabung dengan Alterra dan memberi gambaran mengenai jabatan saya sebagai Product Data Analyst.

 

Pengalaman awal bergabung

Bagi saya, bekerja di Alterra seperti masuk ke dalam dunia baru karena memang pekerjaan dan jenis perusahaannya berbeda sekali dengan tempat kerja saya sebelumnya. Saya pun harus banyak belajar dari awal, baik dari segi konsep maupun teknis pengerjaannya. Selain itu, untuk memberikan insight yang tepat saya pun harus mempelajari produk, cara bisnis, kegiatan marketing, tools yang digunakan, sampai belajar menyamakan pola pikir supaya memiliki frekuensi yang sama dengan rekan-rekan kerja yang lainnya.

Meskipun banyak yang harus dipelajari, saya merasa tidak mengalami banyak kesulitan dalam belajar karena lingkungan saya sangat mendukung untuk berkembang. Waktu pertama masuk kerja, saya langsung disambut dengan artikel-artikel dan buku-buku yang bisa saya pelajari. Selain itu, teman-teman di sini sangat terbuka untuk diajak diskusi, sehingga saya tidak merasa malu untuk bertanya.

Bahkan, hal ini tidak terjadi dalam satu divisi saja, tetapi lintas divisi pun bisa bebas bertanya untuk belajar dan responnya sangat baik. Menurut saya, budaya ini sangat penting dimiliki oleh sebuah perusahaan karena bisa membuat karyawan merasa lebih nyaman, sehingga bisa berkembang dengan cepat dan memberikan kontribusi yang terbaik kepada perusahaan.

 

Apa itu product data analyst?

(Foto: Dok. Alterra)

Di atas saya sudah berbagi pengalaman saya saat awal bergabung dengan Alterra. Saya bersyukur informasi yang saya terima terbukti benar. Sekarang saya akan memberi gambaran mengenai pekerjaan Product Data Analyst karena tak kenal maka tak mengenal ehehe…

Untuk memahami tugas dan pentingnya seorang Product Data Analyst, harus dimulai dulu dengan memahami tim product itu sendiri. Tim product adalah salah satu tim yang sangat penting ada di sebuah perusahaan. Kenapa penting? Karena tugas tim product adalah memastikan produk yang dibuat menjadi sukses di pasar (tentunya untuk mencapai hal tersebut tim product bekerja sama dengan berbagai tim lainnya).

Suatu produk yang sukses di pasar adalah yang mencapai market fit. Artinya, produk tersebut mampu menjadi solusi bagi konsumen sehingga konsumen merasa puas dan kembali menggunakan produk tersebut berulang kali. Tercapainya product market fit ini adalah kunci tercapainya business objective yang diantaranya memperoleh laba sebesar-besarnya.

Terus bagaimana caranya mengetahui apakah product market fit telah tercapai? Bagaimana caranya mengetahui seberapa jauh posisi kita dari goal yang telah ditentukan? Apa saja yang harus kita tingkatkan untuk mencapai tujuan tersebut?  Dan bagaimana cara mengukur keberhasilan metode improvement yang dilakukan? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut harus ada kriteria yang terukur. Kriteria tersebut biasa disebut dengan metrics.

Di sinilah pentingnya seorang Product Data Analyst. Sebagai Product Data Analyst, saya bertugas mempersiapkan dan mengolah data yang tersedia sesuai metrics yang diperlukan sehingga menjadi informasi dan insight yang dapat menjawab pertanyaan di atas. Dengan mengetahui nilai dari masing-masing metrics, langkah tim akan terarah dan fokus untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Demikian sharing pengalaman dan perkenalan diri saya… apakah teman-teman Alterrans mengalami hal yang sama?

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Somy Andrianto

The Probations

Hi Alterrans, Kerjaan baru? kantor baru? masih trainee dong? Ya, hampir semua perusahaan menerapkan “probation period” atau “masa percobaan kerja” yang berlaku untuk karyawan baru. Alterra salah satunya. Tentu saja tujuannya adalah mengevaluasi kinerja dan performa karyawan baru tersebut. Bagi para Alterrans baru, “probation period” akan terasa berat, perasaan seperti canggung, rendah diri, sulit beradaptasi, […]

Read More
Cinta Kamil

Rehat Dulu, Yuk!

Hello Alterrans! Perkenalkan namaku Cinta, di Alterra aku bekerja sebagai Graphic Designer di divisi tim Product. Sebagai salah satu orang yang berperan dalam ‘mempercantik’ semua tampilan yang ada di Alterra, aku sering banget mengalami yang namanya designer’s block atau biasa dibilang buntu ide. Apa aja sih sebenarnya yang membuat kita jadi buntu ide? Banyaaak! Dari […]

Read More