Somy Andrianto

The Probations

Hi Alterrans,

Kerjaan baru? kantor baru? masih trainee dong? Ya, hampir semua perusahaan menerapkan “probation period” atau “masa percobaan kerja” yang berlaku untuk karyawan baru. Alterra salah satunya. Tentu saja tujuannya adalah mengevaluasi kinerja dan performa karyawan baru tersebut.

Bagi para Alterrans baru, “probation period” akan terasa berat, perasaan seperti canggung, rendah diri, sulit beradaptasi, dan perasaan lainnya selalu mengikuti keseharian dalam proses melewati masa probation.

Untuk yang baru bergabung berikut tips-tips yang mungkin bisa mengurangi perasaan yang disebutkan di atas dan melancarkan proses masa percobaan kerja:

 

Tips melewati masa probation untuk karyawan baru

(Foto: Dok. Alterra)

1. Kepercayaan diri

Percaya diri itu harus, tanpa rasa percaya diri hanya akan menambah perasaan canggung, rendah diri dan pastinya membuat sulit beradaptasi. Untuk menambah rasa percaya diri bagi karyawan baru, ingatlah untuk menjadi karyawan di Alterra, kamu pastinya sudah lolos  tes yang diberikan oleh perusahaan.

Artinya kamu pun sudah sesuai dengan kualifikasi yang diberikan perusahaan untuk karyawan baru. Dan satu lagi, kamu sudah menjadi salah satu yang terpilih dan mungkin menyingkirkan kandidat-kandidat lain selama proses penerimaan karyawan.

2. Observasi

Kantor baru, kerjaan baru, teman kerja baru, dan suasana baru tentunya punya budaya dan kebiasaan yang berbeda-beda. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengobservasi detail-detail dari lingkungan baru tersebut, baik dari peraturan perusahaan, budaya kerja, hingga detail-detail kecil yang lain. Tentunya kamu tidak akan bisa beradaptasi dengan baik tanpa sebelumnya mengamati dan memerhatikan terlebih dahulu kan?

3. Adaptasi

Setelah observasi, hal yang dilakukan berikutnya adalah beradaptasi. Dengan perusahaan baru, kantor baru dan semuanya yang serba baru, beradaptasi tentunya lebih mudah membantu bagi kita, karyawan baru, untuk membaur dengan kolega-kolega baru.

Ingat kita yang masuk lingkungan baru, tentunya kita yang melakukan adaptasi, bukan para perusahaan atau senior atau teman kerja kita yang harus beradaptasi dengan kita. Mulailah dari hal terkecil, misalnya jadwal istirahat makan siang.

4. Make a  friend

Mempunyai teman akan selalu membantu, tentunya dalam hal ini adalah membantu kita untuk melewati dengan baik masa percobaan kerja. Sebagai karyawan baru kita sering kali tidak tahu mengenai budaya kerja yang telah ada sebelumnya. Dengan adanya teman, mungkin akan membantu proses adaptasi tersebut.

Teman juga akan mengingatkan ketika kamu melanggar peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis pada perusahaan tersebut. Dan tentunya, akan mengurangi rasa canggung yang kita alami ketika melewati proses adaptasi dengan lingkungan yang baru.

5. Ask & clarify

Jangan ragu untuk bertanya ketika kita tidak tahu. Daripada kita sok tahu, yang akhirnya justru jadi malu. Terutama dalam masalah pekerjaan, yang harus kita pastikan sebagai bahan utama review adalah bagaimana dalam semua tugas pekerjaan yang diberikan, kita mengetahui dengan jelas goal dan tujuannya.

Sehingga kita tidak keliru memahami task atau perkerjaan yang diberikan. Klarifikasikan kembali untuk memastikan semua benar.

Baca juga: Kerja Jarak Jauh? Asyik, Kok!

6. Make it done, make it well done.

Ketika masa percobaan kerja, maka task atau perkerjaan yang kita kerjakan adalah utama. Untuk itu pastikan kerjaan kita selesai tepat waktu, dan pastikan kerjaan itu dikerjakan dengan baik. Sehingga saat review hasil dari pekerjaan kita hasilnya memuaskan.

7. Be kind

Good attitude, selain masalah perkerjaan tentunya sikap kita adalah salah faktor utama keberhasilan kita dalam melewati masa percobaan kerja. Selain itu good attitude adalah cerminan diri kita sendiri. So be kind.

 

Semoga tips di atas bisa membantu para Alterrans yang baru bergabung untuk melalui masa probation dan mendapatkan hasil review yang memuaskan termasuk penulis. Saya adalah salah satu karyawan baru yang masih dalam masa probation. Jadi jika kamu ada tips-tips lain yang bisa membantu, boleh dibagikan dan pastinya tips tersebut juga akan bermanfaat bagi saya.

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Cinta Kamil

Rehat Dulu, Yuk!

Hello Alterrans! Perkenalkan namaku Cinta, di Alterra aku bekerja sebagai Graphic Designer di divisi tim Product. Sebagai salah satu orang yang berperan dalam ‘mempercantik’ semua tampilan yang ada di Alterra, aku sering banget mengalami yang namanya designer’s block atau biasa dibilang buntu ide. Apa aja sih sebenarnya yang membuat kita jadi buntu ide? Banyaaak! Dari […]

Read More
Audi Fristya

Mau Jalan-Jalan? Simak 5 Tips Traveling Hemat Berikut Ini

Siapa sih yang enggak suka jalan-jalan? Traveling bisa jadi aktivitas healing yang manjur banget! Makanya banyak perusahaan yang menganjurkan karyawannya mengambil cuti untuk rehat sejenak. Jadi pekerja keras itu bagus, tapi kamu juga harus sadar akan kesehatan fisik dan mentalmu. Jangan sampai kamu justru menjadi sakit karena terlalu banyak bekerja. Semua itu harus seimbang. Selain […]

Read More