Karimah Nurusysyabani

Memulai Karier Sebagai Software Engineer Melalui Full-stack Academy

Halo Alterrans dan semua pembaca!

Tidak terasa, Alterra Academy (atau yang awalnya dipublikasikan sebagai Alphatech Academy) akan memasuki batch 4 untuk fullstack academy-nya. Artinya, lulusan dari batch 1 untuk full-stack academy sudah hampir merampungkan satu tahun kontrak kerja yang ditawarkan oleh Alterra. Pertanyaannya, gimana kehidupan berjalan selama hampir setahun ini?

Menjadi seorang Software Engineer (SE) di Alterra merupakan pengalaman yang sangat luar biasa menyenangkan. Dengan jenis pekerjaan yang tidak akan pernah membuat para SE mengantuk di siang hari, mungkin bisa dibilang ini adalah impian sebagian para pekerja di dunia. Selain itu memiliki rekan kerja berpengalaman dan mau bekerja sama juga sangat membantu dalam mencapai tujuan dalam pekerjaan. Dunia teknologi yang selalu berkembang dan berubah dengan cepat juga berimbas kepada divisi tech Alterra yang harus mampu beradaptasi dengan terus mempelajari hal baru dalam periode tertentu.

(Foto: Pexels)

Alterra Academy tidak mengharuskan calon mentee-nya memiliki latar belakang di bidang TI. Buat beberapa lulusan yang kemudian bekerja sebagai full-stack, mungkin muncul kecemasan (bahasa kerennya anxiety) atau minder (bahasa kerennya insecurity). Hal ini disebabkan karena sebagian besar rekan kerja memiliki latar belakang TI. Memang, rekan kerja yang memiliki latar belakang di bidang TI memiliki pemahaman dasar kuat yang tidak dimiliki oleh lulusan full-stack academy dari latar belakang non-TI.

Bagusnya, di Alterra para peserta pun diberikan soft skill training, misalnya anger management, communication training, public speaking training, hingga training yang berhubungan dengan hard skill seperti secure coding dan masih banyak lagi. Training tersebut membantu para talent di Alterra dalam mengurangi masalah yang mungkin dapat mengganggu pekerjaan. Poster-poster tips (dipublikasikan sebagai bitsy bites), bagaimana menjaga sikap, mengatasi anxiety, mengelola konflik dan lain-lain pun banyak dipajang di Alterra. Berbagai program yang diadakan tim People Development membantu para lulusan akademi untuk tetap bertahan ketika memulai karier sebagai tech talent.

Cukup sekian tulisan yang saya buat. Secara keseluruhan, melakukan pekerjaan sebagai seorang Software Engineer merupakan pekerjaan impian bagi saya. Terima kasih sudah membaca!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Hendrik Rahardja

Tips Menjaga Semangat di Tempat Kerja

Hello guys, pertama-tama kenalin nama saya Hendrik, saat ini berasal dari perguruan Alterra. Di mana saat ini ditempatkan di tim ular cabang Sanca. Mungkin bagi yang sering mendengar tim ular-ularan termasuk sanca, nah itu dia deh. Tetapi bukan berarti saya menguasai jurus ular ya, tidak seperti itu juga. Untuk hari ini saya akan berbagi beberapa […]

Read More
Donny Kurniawan

Kehidupan di Alterra

Halo semua, perkenalkan namaku Donny Kurniawan, biasa dipanggil Inod, Nod, dan lain-lain. Seperti yang kalian tahulah, ya, aku ini bekerja sebagai Software Engineer di Alterra. Ya, terkadang bagi orang awam tidak mengerti apa itu Software Engineer, oleh karena itu kadang aku mengatakan bahwa aku hanya tukang ketik. Anyway, sebelum aku masuk Alterra aku bekerja sebagai […]

Read More