fbpx
Ery Herdinata | 8 Apr 2020

Panik COVID019? Jangan Buat Fokus Jadi Ambyar!

Hi Alterrans,

Apa kabar kalian semua? Stay healthy ya guys!

 

Ya seperti kita ketahui bersama, isu kesehatan sekarang jadi trending topic bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Coba deh cek hashtag yang berhubungan dengan virus Corona atau COVID-19 yang akhir-akhir ini sedang tenar. Beritanya wara-wiri di media elektronik, media sosial, sampai portal-portal berita dalam dan luar negeri. Hampir semua orang juga turut membicarakannya, baik di lingkungan kantor, rumah, bahkan sampai semua grup Whatssap.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan dua WNI positif pertama pada hari Senin 2 Maret 2020, dan seiring dengan cepatnya penyebaran maka jumlah penderitanya makin hari makin bertambah. Berita tentang pandemic ini mendapatkan berbagai respon dari masyarakat, terutama kalangan para pekerja seperti para Alterrans. Responnya bermacam-macam, dari was-was hingga yang sampai melakukan gerakan preventif yang wow banget.

Misalnya ada beberapa yang panik banget, kalang kabut, langsung memecahkan celengan ayam jago kesayangan yang rencana awalnya sebagai tabungan untuk menikah, malah jadi untuk beli persediaan makanan, masker, dan hand sanitizer. Ada lagi beberapa orang panik yang jadi super waspada, jadi tidak mau salaman, tidak mau menyentuh barang apapun, sampai ketemu pacar pun jarak harus dua meter. Ada juga yang masih woles, santai kayak di pantai, dan masih banyak respon-respon lainnya. Kalau kamu sendiri memberikan respon seperti apa?

Apapun respon kamu sebaiknya tidak panik berlebihan dan tetap waspada dengan mengedukasi diri sendiri untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari virus COVID-19. Cari info akurat tentang penyebaran virus, seperti membaca bulletin Alterra yang sudah dikirimkan melalui email. Ingat yang benar dan akurat ya. Sebab banyak sekali jari-jari yang kurang bertanggung jawab menyebarkan info-info hoax mengenai penyebaran virus yang justru semakin membuat orang salah kaprah dan semakin resah.

Yuk, kita cek dan ricek dahulu, apa sih virus COVID-19 itu? Singkat saja ya, secara penulis bukan praktisi kesehatan yang mumpuni, hehe…. Virus ini berasal dari keluar virus Corona yang pada dasarnya adalah virus yang membutuhkan inang untuk bertahan hidup. Menurut penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Hospital Infection, virus Corona dapat hidup dari 5 menit sampai 9 hari jika tidak diberi disinfektan.

Virus itu sendiri menjadi tidak aktif jika dibersihkan dengan 62-71% etanol yang biasa terkandung dalam sabun. Oleh karena itu, selain tidak berkontak langsung dengan penderita yang sakit, tetaplah menjaga kebersihan badan dan rajin untuk mencuci tangan. Kedua hal tersebut menjadi salah satu faktor penting agar tubuh kita terhindar dan berdari virus, guys!

Ketika kita sedang berada di tempat umum, sebisa mungkin untuk mengurangi kontak langsung dengan permukaan yang kotor. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, serta mandi setelah berkegiatan di luar rumah agar virus yang menempel tidak sampai masuk ke dalam tubuh. Termasuk kalau Alterrans lagi makan lalapan kesukaan, biasanya kan menggunakan air kobokan untuk cuci tangan dan lap kain berbagi, itu sama saja kita berbagi kuman lho. Pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Tapi ingat cara mencuci tangannya juga harus benar, sudah banyak kok himbauan cara cuci tangan yang benar, bahkan melalui media TikTok hehe.

Kenapa sih harus cuci tangan? Ya iyalah masa ya iyadong hehe…. Tangan merupakan bagian dari tubuh kita yang sering digunakan untuk menyentuh bagian muka, hidung, dan mulut, sehingga rentan sebagai jalan masuk virus ke dalam tubuh. Kantor Alterra juga sudah menyediakan hand sanitizer lho, jadi pastikan untuk sering menggunakannya ya. Let’s keep our hand clean ya, guys!

Berikutnya, memiliki daya tahan tubuh yang kuat adalah KUNCI. Imunitas kuat adalah tameng terakhir kita dalam memerangi virus, jika virus berhasil lolos dan masuk ke dalam tubuh kita. Salah satu caranya adalah menjaga asupan nustrisi dalam makanan kita sehari-hari. Banyak makan-makanan yang bergizi seperti, sayur dan buah. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin tambahan bila diperlukan.

Mengonsumsi obat-obatan herbal atau jamu-jamu yang terbuat dari remah lokal juga bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat, hal ini juga didukung oleh budaya Indonesia yang mempunyai riwayat historis panjang tentang penggunaan obat-obatan herbal. Misalnya, jahe merah, royal jelly, ginseng, dan madu merupakan obat-obatan herbal yang telah jadi warisan nenek moyang kita.

Selalu menggunakan masker jika sakit atau ketika berada di luar rumah adalah pilihan bijaksana. Karena kita tidak tahu kapan virus akan tersebar di sekitar kita. Jadi, untuk berjaga-jaga selalu gunakan masker jika dibutuhkan. Alterra juga menyediakan masker dan obat-obatan yang bisa diambil sendiri di kotak obat atau bisa request langsung ke tim HR.

So, jangan panik ya Alterrans! Karena panik bisa menyebabkan stress yang mana tidak baik untuk kesehatan kita juga. Selain itu, panik juga buat fokus kita bekerja semakin ambyar, lho. Tetap jaga kesehatan ya, buat yang hobi main game sampai lembur begadang tiap malam, sampai lupa anak dan istri (ups… sorry buat yang jomblo) dikurangi dulu deh, karena kata Bang Haji itu terlalu dan berbahaya hehe… maksutnya berbahaya untuk kesehatan. Jadi, istirahat dan tidur yang cukup, olahraga agar tetap bugar, jaga pola makan dengan makan-makanan bergizi, dan selalu stay positive ya.

Semoga pandemic ini segera berakhir dan semua Alterrans selalu dalam lindungan Tuhan. Alterrans, stay healthy and happy!

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

Tips WFH Alterra Demi Cegah COVID-19

Siapa yang enggak tahu COVID-19? Atau Coronavirus Disease 2019. Kita lebih akrab lagi dengan panggilannya, Corona. Dari pemberitaan di berbagai media, kita tahu bahwa virus ini mulai enggak main-main penyebarannya di Indonesia, utamanya Jakarta, sebagai kota dengan penduduk yang aktif keluar-masuk setiap harinya. Dalam waktu gak ada sebulan, dari awalnya hanya dua orang, peningkatan pasien […]

Read More

PDAM Pintar: Solusi Praktis Bagi PDAM untuk Miliki Sistem yang Terintegrasi

Sebagai pihak yang ditunjuk langsung oleh pemerintah untuk mengelola, menyediakan, serta mendistribusikan air bersih atau air minum bagi masyarakat, PDAM secara garis besar memiliki tanggung jawab dari hulu ke hilir mulai dari yang terkait kinerja internal PDAM itu sendiri hingga dampaknya pada kualitas layanan PDAM kepada semua pelanggan.  Namun, dalam menjalankan tugasnya tersebut, PDAM di […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.