fbpx
Audi Fristya | 7 Aug 2020

#RealStory Ep.6: Ponco Wirawan dalam Berkolaborasi

Hi Alterrans,

Kembali lagi di episode terbaru #RealStory, kalau episode sebelumnya tim KAMIS berbincang bersama Mas Ananto mengenai value Collaboration, kali ini kita berhasil mewawancarai Ponco Wirawan, yang menjabat sebagai Lead dari Tim Design Alterra. Yuk, simak gimana cerita Ponco soal kolaborasi!

 

Q: Ketika berkolaborasi tentu ada keinginan klien yang tidak sesuai dengan selera atau keinginan lo, apa yang biasa lo lakukan? Gimana cara lo untuk meredam ego ketika berkolaborasi?

A: Biasanya ketika gue menemukan situasi di mana keinginan klien tidak sesuai dengan keinginan gue, gue ingat lagi… Posisinya di sini gue adalah seorang desainer, bukan seorang seniman, jadi desainer itu tetap membutuhkan orang lain dan memang ada requester atau orang yang minta desain ke gue. Jadi gue akan mengesampingkan sisi idealis di diri gue, karena ibaratnya gue selalu menganggap klien atau requester ini sebagai raja. 

Tapi di lain sisi, kalau memang permintaannya kurang sesuai, misal dengan guidelines desain Alterra, ya tugas gue sebagai desainer untuk menuntun kembali sesuai dengan panduan. Jadi gue tetap mengarahkan, sehingga hasilnya pun akan tetap sesuai dengan DNA perusahaan. 

________________________________________________________________________________________________________

Q: Gimana cara lo menanamkan dan meningkatkan values Collaboration di tim yang lo pimpin?

A: Biasanya di tim gue, kita rajin untuk saling memberikan feedback, sih. Jadi ada satu buah desain misalnya dikerjain oleh si A, nantinya si A akan meminta pendapat gue dan anggota tim lainnya mengenai desain tersebut. Itu salah satu budaya yang gue terapkan di tim gue, karena dari situ akan terjalin satu kolaborasi. Kita pun akan brainstorm juga dalam tahap itu. Jadi menghasilkan suatu kualitas desain yang baik lah dari beberapa kepala yang ada di tim gue. 

________________________________________________________________________________________________________

Q: Sebagai seseorang yang pekerjaannya harus berkolaborasi, menurut lo apa sih hal yang dibutuhkan supaya tercipta kolaborasi yang efektif dan produktif? 

A: Yang pasti itu, komunikasi. Menurut gue komunikasi itu paling penting, sih. Jadi kalau komunikasi tidak terjalin antara yang memberikan pekerjaan ke gue atau ke tim desain, pasti diantaranya banyak yang missed dan jadi enggak efisien, golnya pun enggak tercapai. Intinya adalah komunikasi harus jelas, lalu saling percaya dan jelas golnya itu apa, jadi semua pihak bisa sama-sama menuju gol yang sudah ditetapkan di awal. 

________________________________________________________________________________________________________

Q: Ada enggak kiat-kiat khusus lo untuk menghadapi kolaborasi tim atau orang yang toxic?

A: Kalau kolaborasi tim menjadi toxic pasti ada salah satu penyebabnya. Kalau itu datangnya dari anggota tim gue, hal pertama yang gue lakukan adalah dengan kasih feedback ke orang tersebut. “Kayaknya elo enggak harus kayak gitu terus” atau “Kayaknya apa yang lo lakukan bisa memperlambat kinerja tim.” Jadi akan gue ingatkan terlebih dahulu, sebelum memengaruhi keseluruhan kolaborasi tim. Gue juga akan mengarahkan agar orang tersebut bisa kembali satu track sama anggota tim lain, supaya kolaborasi kembali terjalin dengan baik. 

Nah, itu dia wawancara singkat tim KAMIS bersama Ponco. Emm.. menurut kamu di bulan Agustus ini kita akan bahas values apalagi hayooo? Yup, selanjutnya kita akan bahas value Champion. Buat Alterrans yang ingin tahu gimana sih cara menjadi Champion, tunggu episode #RealStory selanjutnya ya! See you! 

Baca Juga Artikel Alterrans Lainnya

#RealStory Ep.5: Ajakan Kolaborasi dari Sang CEO

Hi Alterrans, Menyambut bulan Agustus, tim KAMIS mau mengajak kamu untuk berbicara soal values Alterra yang bertajuk, Collaboration. Kolaborasi itu gimana sih? Value yang satu ini mungkin terdengar mudah, karena sehari-hari sudah kita lakukan. Tapi apa sih tujuannya? Bagaimana cara menanamkan lebih banyak kolaborasi pada kehidupan sehari-hari? Atau bagaimana cara berdiskusi dengan efektif dan produktif? Nah, kamu […]

Read More

5 Olahraga Terbaik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Hingga hari ini pandemi Covid-19 ternyata belum akan berhenti dalam waktu dekat. Kita justru akhirnya harus mengalah dan mencoba untuk hidup berdampingan dengan virus yang mewabah hampir di seluruh dunia tersebut. Meskipun begitu, salah satu cara agar terhindar dari virus ini tentu tetap menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Meningkatkan imunitas tubuh memang bisa dengan […]

Read More
×

How can we help you?

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar produk atau bisnis dengan Alterra, silakan isi form di bawah ini. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membantu Anda.